Membuat dokumen di google docs dengan speech recognition

image

Mengapa speech recognition menarik? sebagian  orang suka berdiskusi untuk mengungkapkan pemikiran dan ide-ide yang dipikirkannya. Sebagian orang yang lain lebih suka menuliskan ide-ide untuk menyampaikan sesuatu pemikiran kepada masyarakat. Ada orang yang suka berbicara,  sehingga banyak sekali kegiatan atau event yang dihadiri untuk menyampaikan pemikirannya. Untuk karakter orang seperti ini jarang sekali kita bisa mendapat ide-idenya dalam bentuk tulisan. Tetapi tidak sedikit pula yang memiliki kemampuan menulis yang luar biasa sehingga kita bisa mendapatkan tulisan-tulisan yang dihasilkannya. Namun yang bersangkutan sulit untuk menyampaikan pemikirannya secara lisan.

Tool speech recognition merupakan fitur komputer yang sudah lama dikembangkan. Saat ini tool tersebut hadir pada browser yang banyak digunakan oleh penggunanya.  Tool Speech Recognition saat ini muncul dan bisa menjadi jembatan antara orang dengan kapabilitas komunikasi lisan sehingga membantunya menuliskan ide atau karyanya lewat tulisan dengan cara men-dikte komputer dan bukan mengetik menggunakan keyboard. Dengan perangkat ini kita dimudahkan untuk menyalin pikiran kita dengan mengucapkannya di depan mikropon komputer atau ponsel.

Google drive dengan fitur google docs, spreadsheet dan slide sudah bisa menangkap teks yang dihasilkan dari tool speech recognition ini . Barangkali inilah era kita beranjak dari kemampuan mengetik teks / menulis menjadi era berbicara atau mendikte komputer.  Dan ini berlaku untuk desktop dan juga ponsel . Sehingga kita tidak perlu bersunyi-sunyi di depan komputer tapi bisa mengekspresikan diri kita dengan berpidato atau menyanyi dengan hasilnya bisa langsung kita print . Barangkali ke depan , dari hasil diskusi kita dengan komputer bisa langsung dicetak buku – buku kita . Jadi ayo , tunggu apa lagi ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s