Paparan Mengenai LMS Case Study : Ingenio

image

Banyak perguruan tinggi dari perwakilan peserta TEIN Workshop E-learning Feasibility Study yang sudah menggunakan LMS sebagai platform e-learning. Sebagian mereka menggunakan MOODLE , salah satu platform powerful yang paling familiar dipakai di perguruan tinggi.

Paparan yang saya sampaikan pada kesempatan mempresentasikan LMS case study adalah penerapan Moodle di lingkungan kampus sebagai platform e-learning. Paparan di awali oleh program e-learning yang kami laksanakan. Program e-learning ini berupa penyiapan program degree, credit earning , serta program blended learning. Kemudian pemanfaatan LMS pada program tersebut baik peranannya untuk publikasi bacaan, media asesmen, serta wahana untuk interaksi online.

Ingenio dipaparkan sebagai bentuk kastemisasi untuk penelusuran dan monitoring pembelajaran. Sistem Ingenio menyediakan skema untuk menampilkan data pembelajaran setiap individu untuk penelusuran dan monitoring , sekaligus bisa untuk penerbitan sertifikat completion dari data pembelajaran yang sudah diselesaikan oleh setiap peserta atau siswa. Sistem ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan institusi untuk selalu dapat memantau progres pembelajaran sekaligus juga bagi peserta sebagai portofolio pembelajarannya.

Pada akhir pembahasan disampaikan mengenai kemungkinan-kemungkinan serta tahapan yang dapat dilakukan untuk penerapan LMS tersebut di lingkungan TEIN E-learning.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s