Trello – Aplikasi Cloud untuk Perangkat Kolaborasi Online dengan Pendekatan Board – Card

Pekerjaan menunggu di bandara , pekerjaan yang cukup membosankan . Kecuali sambil menuliskan pengalaman-pengalaman menarik menggunakan aplikasi cloud. Saat ini yang akan dibahas adalah trello.com . Dengan membaca artikel ini , sedikitnya kita dapat mengetahui salah satu tool yang bisa kita gunakan untuk mengorganisasikan tugas/project atau daftar tugas menjadi papan dan kartu (board and card)

trello

Trello.com Tool Cloud untuk Kolaborasi Online

Akses ke aplikasi clouds ini situs ini adalah url : http://trello.com . Untuk bisa menggunakan aplikasi , kita bisa login dengan facebook, google, twitter tanpa perlu registrasi. Secara otomatis akun kemudian dapat digunakan mengakses ke aplikasi ini.

User kemudian dapat membagi-bagi pekerjaan kita berdasarkan organisasi. Misalkan organisasi client , organisasi stakeholder, organisasi personal dan lain sebagainya. Selanjutnya , pada masing-masing organisasi tersebut kita bisa membuatkan papan atau board layanan yang terdiri dari tahapan – tahapan atau fungsi-fungsi dalam wujud kartu atau card. Secara ringkas, trello.com akan saya jelaskan sebagai berikut.

Satuan terkecil dari aplikasi cloud ini adalah ‘card’ atau kartu. Pada kartu ini kita bisa menambah : ‘member’, ‘label’ , ‘checklist’ , ‘due date’, ‘attachment’. Card atau kartu ini bisa kita lakukan aksi : ‘Move’, ‘Copy’, ‘Subscribe’, ‘Archive’.

Kartu atau ‘card’ ini bisa kita kumpulkan menjadi ‘list’ kartu . List ini merupakan wadah untuk menampung kartu-kartu. ‘List’ tersebut dikumpulkan menjadi ‘Board’ atau papan. Papan tersebut dapat kita aturkan privilege-nya , yaitu apakah bisa dibagikan kepada publik ataupun di-setting pribadi (private).

Kumpulan papan atau ‘Board’ yang kita buatkan membentuk ‘Organization’. pada organisasi, kita bisa setting atau tambahkan fitur : ‘visibility’ , ‘Member’, dan ‘Board’ . Selain itu, kita bisa atur ‘Logo’ dari masing-masing board ini .

Secara umum, bagi rekan-rekan yang terbiasa menggunakan papan tulis untuk membuat peta besar, kemudian menambahkan kartu / sticky notes pada papan tersebut yang memuat daftar tugas/pekerjaan baik yang akan, sedang, atau yang sudah selesai dikerjakan ditambah membuat peta hubungan list pekerjaan dengan orang yang mengerjakanannya, maka aplikasi trello ini bisa dijadikan sebagai padanan virtual/clouds-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s