Skillful dan Kompeten

Keseharian saya selalu berhubungan dengan pengembangan solusi-solusi teknologi untuk kebutuhan user. Dalam pengembangan yang kami lakukan selalu berkaitan dengan pencarian talent , sumber daya manusia yang direkrut untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan untuk membangun solusi tersebut. Tentu saja orang yang direkrut adalah orang yang skillful dan kompeten.

Bagaimana gambaran orang skillful dan kompeten itu? Terkadang yang kami lakukan adalah menggunakan indera keenam atau ketujuh. Dari wawancara dan portofolio , mendengar juga kata orang, atau tulisan-tulisan yang yang bersangkutan di blog atau fesbuk-nya. Akhirnya diputuskanlah orang itu skillful dan kompeten. Padahal cara ini bukanlah cara yang baik . Karena pada kenyataannya , masih butuh para empu senior untuk turun membina sdm tersebut dalam pengerjaan tugas-tugas tadi .

Skillful dan kompeten itu terus apa? Kemudian bagaimana cara mengukurnya? Satu saat saya buka fesbuk , kemudian mendapat hasil share dari teman, isinya adalah video youtube kolaborasi antara Tohpati dan Dewa Bujana memainkan gitar  lagu ‘Dan’ So7 (sheilla on seven) . Dalam hati , saya bilang ‘this is it’ . Keduanya adalah master gitur , skillful dan kompeten bermain gitar. Dalam arti bahwa , memainkan gitar itu sudah jadi bagian skill hidupnya (lifeskill) . Dan dunia pun mengakui demikian . Mereka akan mengatakan “Kalau mau lihat master guitar, lihat Tohpati dan Dewa Bujana!” Pasti pun orang tidak akan menyangkal .

Selain musisi gitar, skill dan kompetensi ini pun ada banyak jenisnya. Yang perlu kita lakukan adalah memilih salah satu jenis tersebut , kemudian menjadi ‘mastery’ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s