Mempersiapkan Konten Online

Konten elearning adalah bahan materi ajar yang bisa digunakan oleh peserta didik kita untuk menambah atau meningkatkan pengetahuannya , dapat diakses kapan saja 24/7, dari mana saja. 

Konten elearning untuk bisa dipublikasikan online a.k.a menjadi konten elearning yang benar-benar bisa digunakan oleh user memerlukan persiapan dalam proses mempublikasikannya. ada tiga komponen utama yang perlu kita perhatikan untuk kebutuhan tersebut yaitu accessabiity, copyright , dan tool.

Kemudahan diakses (accessability)

Akses terhadap konten bisa dilakukan oleh siswa dengan jalan mendownload konten atau membacanya via browser. Saat siswa bisa mendownload konten ,  maka  itu yang akan dilakukannya. Saat file berhasil didownload, tidak ada jaminan siswa tersebut akan membacanya. 

Pada saat guru menyediakan bahan ajar yang hanya bisa dibaca online melalui browser, maka siswa akan diajak untuk mengejar materi pembelajaran, membacanya, dan bisa diarahkan supaya menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh guru . Dengan demikian akan terjadi interaksi siswa dengan bahan ajar tersebut. 

Format yang bisa dipilih untuk salah satu dari opsi diatas adalah pdf, ppt, atau format html /web

Hak cipta sebagian atau seluruh bahan (copyright)

Konten elearning adalah konten yang akan dibaca oleh orang banyak. Pada saat konten tersebut diakses baik dibaca secara langsung ataupun didownload oleh siswa, maka konten akan dilihat, kemudian dibagikan oleh siswa. Konten yang dibagikan ini tentu saja akan bernilai bagi pembacanya dan kemudian bisa digunakan kembali untuk kebutuhan dan tujuannya masing-masing. Untuk itu sangat penting untuk menetapkan hak cipta dari konten tersebut. 

Demikian juga pada saat ada komponen yang kita gunakan mengambil dari konten milik orang lain, maka sudah sewajarnya kita berikan apresiasi dengan menuliskansumbernya. Dengan demikian , maka konten hasil dari proses penyusunan konten benar-benar akan bisa dinikmati oleh siswa pengakses pembelajaran kita.

Perangkat atau software yang digunakan (tool)

Hal ketiga yang penting juga untuk kita perhatikan adalah perangkat atau software yang kita gunakan. Kaitannya ke penggunaan software tertentu yang kita butuhkan untuk produksi konten. Ada perangkat yang free, opensource, atau berbayar (proprietary). Untuk konten elearning kita perlu memperhatikan ketentuan-ketentuan yang dituliskan oleh pengembang perangkat (software). Dengan demikian, maka hasil produksi kita dapat lebih bermanfaat (usable). 

Selain itu, perlu kita perhatikan juga ketersediaan perangkat yang nantinya harus disediakan oleh siswa pengakses pembelajaran kita. Jangan sampai konten yang kita publikasikan secara online membutuhkan software-software tertentu yang lisensinya cukup mahal. Misalnya saja gambar drawing yang membutuhkan software AutoCAD. 

Beberapa tipe konten akan memerlukan konversi untuk kemudahan user elearning memanfaatkannya. Artikel  berikut akan coba membahas mengenai trik konversi sehingga konten kita gampang untuk digunakan .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s