Website untuk Eksistensi Lembaga di Dunia Maya

Pengembangan website perguruan tinggi harus kita lakukan untuk memperoleh manfaat yang seluas-luasnya dari interkoneksi web dan janga dilandasi karena kebutuhan pemeringkatan webmetric.  Karena peranan website sebagai media yang penting bagi institusi kita.

Pengembangan tersebut harus dimulai dari pertanyaan apakah institusi kita saat ini sudah memiliki peranan kunci pada domain atau bidang yang sudah ditetapkan. Pada saat peranan ini belum  terdefinisi maka akan sulit memposisikan institusi kita dan lebih sulit lagi untuk membuat website kita menjadi bagian penting bagi pemangku kepentingan. 

Perubahan dunia dewasa ini mengarah kepada konvergensi . Ketersediaan internet banyak membuat perguruan tinggi di luar negeri memikirkan konsep menyatukan keragaman-keragaman dan keunikan yang dimilikinya menjadi keunggulan kompetitif bersama. Pendidikan global saat ini sudah mulai diinisiasi dalam program seperti School on internet, opencourseware, connectASIA, canalAVIST, multiconference global dan lain sebagainya. 

Perubahan konsep di atas juga ditunjang dengan konvergensi teknologi yang kita gunakan. Konvergensi teknologi tersebut mencakup infrastruktur jaringan utama (core network) , software atau aplikasi yang digunakan, serta perangkat divais yang dipakai oleh user. 

Karakteristik stakeholder utama lembaga memiliki karakteristik : born digital, multitasking, ekspresif, narsis, synchronize, every time digital

Dengan perubahan-perubahan global dan ketersediaan perangkat dan teknologi, kembali bertanya , dapatkah masing-masing perguruan tinggi mengoptimalkan keduanya untuk dapat menjadi institusi berkelas dunia dengan sukses menjalankan misinya yang tercantum dalam tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

Positioning Institusi

Website adalah media teknologi untuk dapat menampilkan konten informasi secara cepat, skalabel, murah, dan tentu saja lebih variatif. Untuk merancang website dengan karakteristik demikian, maka langkah yang perlu kita rumuskan antara lain

  1. Mendeskripsikan target audiens / stakeholder
  2. Menentukan tujuan website
  3. Mendefinisikan peranan kunci serta karakteristik dan kriterianya
  4. Membangkitkan passion

Merupakan langkah awal yang penting waktu merancangkan website dimulai dengan menggambarkan secara rinci target audiens website beserta ciri-ciri dan perilaku masing-masing saat online. Kita kemudian dapat membuat kelompok-kelompok audiensi dengan keperluannya untuk dapat menyediakan informasi yang penting,tepat, dan akurat bagi mereka serta mengundang mereka untuk melakukan ‘aksi’ tertentu. 

Dengan stakeholder yang sudah kita definisikan, tujuan website bisa kita tentukan. Masing-masing tujuan menggambarkan kebutuhan serta ekspektasi user kita. Peranan kunci dengan kriteria-kriterianya kita munculkan juga . Sehingga website menjadi representatif lembaga yang dapat diakses setiap saat . Terakhir adalah membangkitkan passion untuk selalu menjaga website dengan memberinya konten yang selalu up-to-date. 

Peranan Website

Website adalah kumpulan ‘page’ yang dapat diakses dari browser. Ini yang membuat website disebut juga dengan web page. Halaman ini , lembar demi lembar, kemudian bisa kita isi dengan konten yang kita tuliskan atau uploadkan. Setelah usia tertentu, website akan memuat ragam informasi mengenai institusi atau lembaga kita mencakup data, informasi, arsip, media marketing (collateral), transaksi elektronik, media sosial dan fungsi-fungsi lainnya yang bisa kita definisikan. Website artinya adalah eksistensi institusi atau lembaga kita di dunia maya, dunia yang selalu terkoneksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s