Slide Powerpoint untuk Membuat Konten E-learning

Why powerpoint

Saya suka dengan slide powerpoint karena dapat dengan mudah menampilkan poin-poin konten dan alir penyampaian konten yang disampaikan kepada mahasiswa. Demikian pula dengan para dosen yang mengampu mata kuliah. Banyak dosen yang saat ini menggunakan powerpoint untuk menampilkan konten pembelajaran kepada mahasiswa. 

Sayang , slide powerpoint tidak bisa untuk konten e-Learning. Salah satu alasannya adalah mahasiswa harus download file-nya untuk kemudian dibuka secara offline dengan menggunakan aplikasi office. Sekali ada mahasiswa yang sukses download, maka mahasiswa lainnya tidak butuh lagi untuk akses sistem online-nya. Karena yang bersangkutan cukup copy file tersebut dari dia. 

Untuk membuat konten e-learning, pengampu mata kuliah dapat mempergunakan slide presentasi (powerpoint) yang dimilikinya. Cara inilah yang kemudian bisa digunakan para pengampu mata pelajaran untuk mempublikasikan konten-nya pada aplkasi LMS dengan cara yang mudah . 

Powerpoint memiliki fitur menambahkan teks, gambar, audio, video, dan animasi . Selain itu , powerpoint juga sudah memiliki interaktivitas dan animasi yang menarik. Tentu saja, powerpoint memberikan kemudahan-kemudahan dalam menyediakan konten, dan gambaran alur/skenario penyampaian materi . Untuk dapat menjadi konten e-learning, slide konten dari powerpoint kemudian dikonversikan menjadi format flash atau scorm. 

Format Flash atau SCORM

Slide Powerpoint yang sudah dibuat oleh dosen , bisa diubah formatnya (convert) menjadi shockwave flash (swf) atau SCORM. Supaya konten yang dihasilkan dapat dijalankan stand alone, maka pilihan swf menjadi prioritas. Sedangkan apabila konten akan dipublikasian pada aplikasi learning management syatem (LMS) maka format SCORM adalah pilihan terbaik. 

Format SCORM adalah format standar konten pembelajaran. Sekali konten dibuat, maka file konten dapat dipublikasikan pada beragam aplikasi LMS yang comply dengan SCORM. Setiap user yang menggunakan SCORM kemudian dapat di-tracking serta ditampilkan hasil pembelajarannya dengan lebih mudah. Moodle dalam hal ini sudah menyediakan format aktivitas tersendiri untuk SCORM. 

ISpring Free

Software yang dapat digunakan untuk membuat konten atau mengubah format powerpoint menjadi swf atau SCORM ini disebut dengan authoring software. Software yang sering kami gunakan untuk authoring , salah satunya adalah ISPRING Free. Software tersebut diinstalkan , kemudian bisa diakses dari powerpoint , dari versi 2007 , 2010, 2013 . Software ISPRING Free dapat di download gratis dari situs-nya. 

Bandung, 28 Nov 2013 (ariefbb@gmail.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s