Mengoptimalkan Course Enrolment Sistem eLearning dengan Cohort dan Cohort Sync

Salah satu tantangan besar dalam pengelolaan sistem eLearning adalah semua hal yang berkaitan dengan ‘user’ . Jumlah user yang besar menghasilkan kompleksitas tersendiri . Urusannya menjadi banyak karena sistem harus mengikuti flow proses . Apalagi yang berkaitan dengan alir proses user . Sistem yang efisien adalah sistem yang dapat mengalirkan user dengan baik . Mulai dari start sampai dengan end, serta tidak ada ‘endapan user’ atau residu pada sistem . Kriteria process completeness dalam hal ini menjadi bagian penting dalam sistem. 

Salah satu tool yang ditawarkan LMS Moodle adalah ‘cohort’ . Cohort didefinisikan sebagai site-wide group yaitu Kelompok yang di-create pada system berfungsi sebagai sampan / perahu yang akan membawa penumpangnya melalui pulau pulau pembelajaran. Pulau-pulau berupa course topic ini bisa disetting default enrolment-nya pada cohort sync . 

Hanya penumpang perahu yang terdaftar yang kemudian dapat menikmati bahan / konten pembelajaran . Pada saat perahu harus berlayar kembali , maka semua penumpang harus naik dan mengikuti alur perahu tersebut. Untuk menambah dan mengurangi penghuni pulau , cukup dilakukan pada pengaturan penumpang perahu yang berlabuh di pantai tersebut. 

Dampak dari ketersediaan tool ini tentu saja dapat memudahkan pengaturan sistem eLearning. Semua user pembelajaran dikelompokkan pada cohort title yang akan membawanya pada skenario pembelajaran dengan goal tertentu yang didefinisikan . Dengan demikian, maka sistem akan efisien . Kapasitas sistem akan bisa ditentukan . Serta pengelolaan course enrolment menjadi lebih sederhana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s