Menangani Error pada Database Aplikasi LMS

Pada saat membuat server eLearning , perhatian kebutuhan storage difokuskan pada ukuran kapasitas file repostiory untuk data dokumen, file multimedia, audio, video dan lainnya. Implikasinya adalah pembuatan partisi khusus untuk data atau moodledata. Seringkali kebutuhan storage untuk penyimpanan database terabaikan . Padahal setiap saat, ketika aplikasi LMS digunakan , storage database tersebut bertambah . Interaksi yang berjalan pada LMS menambah ukuran storage database tersebut. Bisa kita bayangkan bila jumlah user yang mengakses sangat besar . 

Dampaknya ketika storage database sudah full , maka database tadi tidak bisa lagi diisi / ditulis. Tentu saja hal tersebut menyebabkan aplikasi menjadi tidak bisa diakses. Pesan errornya bisa bermacam-macam, mulai dari database not writable, database failed , database is not accesible dan lain-lain. Solusinya adalah dengan memindahkan file /data pada database tersebut ke partisi lain yang kapasitasnya lebih besar. Cara ini mutlak harus dilakukan , kecuali memang mesinnya yang kemudian diganti. 

Untuk mengganti atau memindahkan partisi ini , langkah cukup sederhana . Yaitu kita buat folder /data di partisi baru. Kemudian kita pindahkan data-data yang ada di folder database (untuk mysql biasanya ada di folder /var/mysql/data ; ke partisi baru tersebut. Setelah berhasil kita pindahkan , kemudian kita edit setting pada /etc/my.cnf pada baris ‘datadir’ disesuaikan dengan path lokasi yang baru. Pastikan pula bahwa service database dalam kondisi off . 

Bila sudah selesai , kemudian lakukan langkah testing . Cek setiap data pada aplikasi LMS bisa diakses dengan baik . Lakukan debugging selama kurun waktu tertentu untuk menjamin aplikasi berjalan dengan baik . 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s