Ketiadaan Konten , LMS eLearning akan Minim Manfaat

Percakapan satu waktu saya dengan seorang pengelola sekolah di ibukota , sampai pada kasus sulitnya eLearning diterapkan di sekolah-sekolah khususnya di sana, umumnya di seluruh nusantara. Beliau menyampaikan sebab utamanya karena lembaga pendidikan kita tidak memiliki konten pembelajaran (standar). Padahal konten pembelajaran tersebut adalah hal yang fundamental karena merupakan inti dari pendidikan. 

Konten yang beliau maksudkan adalah satu bahan yang baku/standar mulai dari konsep dasar/filosofi, kaidah-kaidah atau aturan/teori, penerapannya di dunia nyata, faktor kesulitan-kesulitan yang dihadapi, serta alat ukur yang representatif untuk menentukan kesuksesan bahan ajar tersebut disampaikan kepada siswa. 

Hampir semua lembaga pendidikan di Indonesia tidak memiliki konten tersebut. Dampaknya adalah penyampaian materi kepada siswa tidak terstandarkan, sangat bergantung kepada penyampai dalam hal ini adalah guru di sekolah tersebut. Ini mengakibatkan spektrum capaian/penyerapan pembelajaran dari siswa menjadi beragam. 

Pada saat eLearning diterapkan, menggunakan media LMS (learning management system), maka pembelajaran menjadi semakin bias. Karena konten yang belum siap atau bahkan tidak ada sama sekali, ditunjang dengan ketidakhadiran fisik dari pengampu pembelajaran (guru), akibatnya adalah ketiadaan trust / kepercayaan terhadap moda pembelajaran ini. Secanggih LMS apapun yang dikembangkan , bila tidak ditunjang dengan ketersediaan konten ini, pastinya tidak memberikan dampak yang diharapkan. Untuk itu , bercermin dari hal tersebut, apakah kita semua sebagai pendidik , atau orang tua siswa, sudah punya konten yang bisa diberikan kepada anak didik kita? Kalau sudah ada , dan yakin ada , maka eLearning dapat mudah diterapkan. Tapi bila belum ada, buatkan terlebih dahulu konten ini baru merancangkan moda penyampaiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s