Merancang Integrasi Aplikasi User dengan LMS Moodle

Saat ini , pembangunan aplikasi eLearning lebih ditekankan pada penyediaan software yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran pada institusinya. LMS Moodle kemudian dijadikan sebagai backbone software untuk menjalankan fungsi-fungsi pendukungan terhadap pembelajaran yang dijalankan tersebut. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, Moodle mampu untuk menjalankan fungsi tersebut dengan baik. Kekayaan fitur yang dimilikinya menjadikan Moodle sebagai salah satu LMS terbaik yang saat ini ada. 

Semua interaksi yang dirancangkan oleh pengajar pada pembuatan bahan kursus online , berlangsung di halaman course-nya Moodle . Bahan ajar bisa dibaca dan diakses pada halaman tersebut, kemudian dari bahan ini dosen menyusunkan ujian / tes-nya. Peserta didik mengikuti tes tersebut dengan membaca referensi dari bahan ajar tadi. Persoalan-persoalan yang dihadapi oleh user tersebut kemudian dikomunikasikan dengan dosen pengampu pembelajaran secara online asinkronus menggunakan media ‘message’, ‘forum’, ‘chat’ dan lainnya yang disediakan pada fitur-fitur aplikasi sesuai dengan rancangan dosennya. Demikian itu merupakan alir / flow proses dari sistem eLearning . 

Apakah semua kebutuhan user tersedia di sana? Tentu saja kita perlu kembali pada konsep restoran . User yang datang ke restoran umumnya memiliki kebutuhan yang sama , yaitu makanan, citarasa, service, serta atmosfer. Tetapi , realitanya saat ini di dunia tersedia beragam jenis restoran . Demikian pula dengan aplikasi eLearning. LMS Moodle yang digunakan sebagai backbone ini menyediakan bahan-bahan atau komponen yang bisa diracik atau diramu sesuai dengan ciri khas media eLearning yang kita rancang. Bahan-bahan tersebut standar adanya . Untuk memenuhi kebutuhan supaya bahan tersebut dapat digunakan dengan baik , maka bagian kita sebagai pengelola eLearning untuk membuatnya. Menjadikan menu , citarasa online, service, serta atmosfer yang sesuai dengan kebutuhan user-user kita. 

Langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah membuatkan gambaran restoran yang akan kita publikasikan. Gambar ini bisa diambil dari sistem-sistem yang saat ini sudah berjalan. Kemudian meng-adjust atau menyesuaikan dengan kondisi-kondisi unik yang ada di institusi masing-masing. Termasuk juga memetakan aplikasi-aplikasi lain yaitu aplikasi user yang sekarang sudah digunakan . Adalah satu hal yang sangat penting, bahwa aplikasi eLearning yang kita buat ini merupakan bagian dari aplikasi yang besar . Tentu saja dalam proses perancangan ini harus mengacu pada blueprint aplikasi yang saat ini kita miliki . 

Saya dan tim saat ini banyak menggodok sisi teknologi di mana sisi ini berkaitan erat dengan penerapan atau penerjemahan proses yang ada pada blueprint menjadi bentuk aplikasi. Bagian ini sebenarnya lebih gampang . Syarat utamanya adalah proses dan rancangan besarnya sudah ada dan tersedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s