Membuat Password LMS Moodle Lebih Fleksibel

Salah satu persoalan yang cukup sering iditemui oleh admin eLearning dengan LMS Moodle adalah password. Format password yang panjang , minimal 8 karakter, plus numerik, plus alfanumerik, membuat user harus berpikir panjang untuk bisa membuat password valid. Dan karena panjangnya password serta formatnya ini, seringnya user jadi lupa dengan password yang pernah digunakannya. Akibatnya admin yang harus reset itu password supaya user dapat memakai akunnya dengan baik. 

Moodle menggunakan format password yang secara default seperti di atas adanya. Password ini tersimpan pada tabel mdl_user . Tabel khusus yang digunakan moodle untuk menyimpan data user . Untuk mengubah format password dari tabel ini adalah suatu hal yang sulit . 

Ada cara yang bisa admin lakukan untuk solusi persoalan di atas. Cara itu adalah menggunakan autentikasi database eksternal . Dengan autentikasi tipe ini , maka user yang terdaftar pada tabel user pada database yang dipilih akan bisa login dan terautentikasi di LMS Moodle . Kolom atau field yang wajib ada adalah id, username, password, namadepan, namabelakang, dan email. Data lainnya bisa ditambah secara bebas dengan menambahkan kolom-kolom lain. 

Pastinya password pun bisa kita set formatnya tanpa perlu mengikuti format default LMS Moodle. Contohnya , kami menggunakan password ‘123456’ untuk user bisa mengakses ke eLearning yang digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s