Membuat Tool LMS Offline Portable untuk Training Sys Admin eLearning

Bagaimana mengajarkan fitur dan tool pada sistem eLearning yang dibuat dengan simple dan gampang dipahami ? Karena harus menyampaikan materi pada beberapa training sys admin LMS eLearning di beberapa training minggu depan dan depannya lagi, saya harus membuat bahan materi dan praktikum yang gampang supaya peserta dapat memahami topik materi dengan baik.

Salah satu caranya adalah membangun lingkungan software sistem yang dapat dijalankan dengan mudah secara offline dari masing-masing desktop atau laptop yang digunakan oleh peserta. 

Karena keterbatasan waktu, server2go yang dulu pernah dijadikan sebagai platform untuk pembuatan server elearning offline Comlabs Learning untuk sementara tidak bisa digunakan . Kebutuhan lms yang digunakan yaitu Moodle 2.5 membuat platform ini sudah obsolete. Jadinya perlu untuk dicarikan alternatif lain. pilihannya adalah xampp portable , dan / atau uniserver . Keduanya adalah WAMP stack yang relatif gampang untuk digunakan. 

Uji portabilitas kemudian dilakukan dengan cara membuat lingkungan server di laptop , kemudian di-zip dan dipindahkan ke PC lain , di-testing dengan skema pengujian . Alhasil xampp-portable menjadi pilihan pertama. Setelah instal lms dan beberapa cms lain kemudian di-sync menggunakan syncronizer . Semuanya fitur lms, tampilan dapat beroperasi optimal . 

Selanjutnya adalah konfigurasi .htaccess untuk kemudahan sistem dan optimalisasi php environment yang ada pada WAMP tersebut. Setelah beberapa kali dianugrahi blank page , krn salah setting . Pada akhirnya sistem dapat berjalan dengan baik.

Dengan kata lain tool server untuk lms portable sudah siap digunakan pada waktunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s