Membuat Repositori Upload File via FTP untuk Moodle 2.4.6

Salah satu yang membuat saya mempertahankan penggunaan moodle 1.9 adalah fitur file repository-nya . File repositori moodle versi ini memungkinkan user untuk meng-upload-kan file dengan ukuran besar melalui selain http (ftp, scp, git, rsync) .  Sementara moodle yang baru menggunakan form upload dari html dengan fitur dan kemudahan-kemudahan yang disediakannya. Batasannya untuk fitur ini adalah ukuran file yang harus di-setting-kan pada php.ini . 

 
Karena kebutuhan untuk upload file dalam ukuran yang besar, saya lakukan investigasi ragam fitur file repositori untuk Moodle versi 2 ini. Terutama fitur upload selain menggunakan html form . Dalam proses ini saya menemukan ada fitur ‘File Systems’ . Fitur yang terletak pada plugins , repositories, management repositories . 
 
Dengan mengaktifkan fitur ‘File Systems’ ini , kemudian moodle akan meng-create folder ‘Repository’ pada direktori dataroot / moodledata. Kemudian kita buat sebuah folder di sana untuk lokasi penyimpanan file-file besar . Setiap file yang nanti disimpan pada folder ini , kemudian dapat dibaca oleh moodle. 
 
Untuk menguploadkan, kita bisa aktifkan service ftp / scp dengan direktori diarahkan pada folder di atas. Sehingga setiap user yang membutuhkan menguploadkan file dengan ukuran di atas ambang/limit php.ini bisa melakukannya melalui ftp ini , kemudian bisa dibaca dari lms Moodle . Untuk menampilkannya, user dengan privilege teacher dapat meng-create atau meng-attach file dari course-nya masing-masing dengan menambahkan aktivitas atau resource.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s