Migrasi Sistem E-learning LMS Moodle 1.6.3 ke 2.4.5

Sistem yang mulai beroperasi sejak tahun 2006 atau 2007 dibangun pada platform aplikasi web berbasis PHP dan MySQL menghadapi tantangan untuk selalu dimutakhirkan. Platform aplikasi PHP sudah berubah berkali-kali dengan perubahan yang cukup drastis untuk memenuhi kebutuhan aplikasi web modern. Pengubahan platform ini pada aplikasi lama tidaklah mudah. Mengingat lingkungan web tempat beroperasinya pun perlu untuk disesuaikan .
Contoh dari perubahan platform ini terjadi pada aplikasi LMS eLearning Moodle . Saat ini tim kami sedang melakukan proses migrasi LMS eLearning Moodle dari versi 1.6.x menjadi versi 2.4.x . Mengapa migrasi ini perlu dilakukan . Pada dasarnya migrasi itu terjadi karena
1. Terkait dengan kebijakan internal perusahaan di bidang IT,
2. Pemutakhiran infrastruktur IT eksisting perusahaan
3. Peningkatan kinerja (skalabilitas, usabilitas, maintainabilitas)
Persoalan menjadi rumit dan kompleks karena data pada aplikasi eksisting sudah besar, serta sistem memiliki fungsi yang strategis bagi user-usernya . Misalnya saja , partisipasi user pada sistem menjadi bagian penting dari ukuran kinerja dan terkait dengan pembagian bonus. Kalau demikian maka migrasi sistem memiliki resiko yang cukup besar .
Setelah dihitung resiko antara mempertahankan sistem , dengan migrasinya maka lanjut dengan proses migrasi . Selain terkait dengan alasan di atas, migrasi sistem juga perlu dilakukan untuk menyesuaikan aplikasi dengan
1. Sistem kepegawaian (integrasi)
2. Single Sign on untuk kemudahan akses ke sistem
3. Requirement dari konten
4. Kebutuhan akses dari any device (portability)

Migrasi adalah opsi . Perlu kajian resiko untuk migrasi ini apakah itu migrasi yes , atau migrasi no . Tapi ketika kebutuhan tersebut datang , kita harus selalu siap untuk menghadapinya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s