Setting Default Course Enrolment pada Moodle 2.4

Setting course pada Moodle 2.4 rada tricky . Setelah sukses setup LMS versi ini , kemudian mulai dengan membuatkan course untuk kuliah-kuliah yang akan dilaksanakan. Selesai tugas meng-create course dengan cara upload csv untuk multi-course ternyata saat testing menggunakan akun student, mata kuliah tersebut tidak bisa di-enrol . Padalah pada versi sebelumnya , secara default , user dapat enrol ke course kecuali untuk course yang di-hidden atau diberi password kunci untuk bisa masuk.

Kondisi sebaliknya terjadi pada versi LMS 2 ini. Setiap course yang dibuat, secara default tidak bisa di-enrol oleh siswa. Teacher atau course manager harus melakukan setting-setting sebagai berikut untuk membuat peserta bisa enrol.

1. Manual enrolments, teacher satu demi satu menambahkan user ke kuliah . Untuk peserta course dengan jumlah sepuluh atau dua puluh masih lah teacher akan sabar menambahkan user. kalau sudah ratusan?

2. Self enrolment , fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu . Untuk mengaktifkannya masing-masing teacher bisa setting pada bagian ‘Course administration > Users > Enrolment Methods> Self enrolment (Student)’ kemudian klik tombol ‘enable’ baru kemudian user dapat enrol ke course.

Kalau teacher pengampu kuliah online cukup sabar , cara ini bisa dilakukan. Tapi Kalau teacher sudah sibuk dengan menyiapkan bahan ajar-nya , maka bagian course manager dan admin-lah yang bertanggung jawab melakukan itu.

Cara yang paling gampang adalah men-set semua course ‘enrollable’. Ini bisa dilakukan dengan setting default course

  1. login sebagai admin
  2. klik ‘Site administration > Plugins > Manage enrol plugins ‘ akan tampil list plugins enrol
  3. klik ‘Settings’ pada ‘Self Enrolment’
  4. klik centang pada baris ‘Add instance to new courses untuk men-set enable opsi ini
  5. pilih ‘Yes’ pada baris ‘Allow self enrolments’
  6. Klik tombol ‘Save changes’ di bagian bawah

Dengan melakukan langkah di atas, secara otomatis fitur self-enrolment akan di-enable pada course yang dibuat. Namun tidak berlaku untuk course sebelum setting ini dilakukan. Kalau untuk course yang sudah dibuatkan sebelumnya, bisa menghubungi masing-masing teacher. Kalau jumlahnya 1000 course?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s