Moodle Antarmuka Depan, CLFront_150478 v1.0

Membaca artikel presentasi rekan di comlabs USDI-ITB , kang Asept Sofyan tsauri mengenai E-learning UX . membahas tentang 4 kategori website UX : Kesadaran , daya tarik, investasi, adopsi .  Kalau untuk bahasan lanjutnya, tunggu kang asep yang bahas saja. Hanya berkait dengan antarmuka e-learning, menurut saya tampilan e-learning harus representatif kemudian membuat pengunjungnya betah berlama-lama mengaksesnya.

Akhirnya setelah memikirkan sebentar-sebentar munculah ide untuk membangun antarmuka depan dengan maksud supaya aksesibilitas e-learning dapat lebih baik. Pertama yang dilakukan adalah dengan memisahkan antarmuka antara website serta learning management system (LMS)-nya. Antarmuka tersebut mengambil page html dari website yang dikehendaki. Setelah selesai, kemudian membuatkan akses ke database moodle melalui config.php-nya. Dengan akses tersebut, kita dapat memperoleh data yang tersimpan pada aplikasi LMS-nya.

Berikut beberapa snapshot modifikasi antarmuka depan untuk aplikasi LMS, CLFront_150478.

image 

Adapun untuk layer 2, untuk akses informasi mengenai beberapa hal yang ingin dipublikasi melalui halaman web. Tampilannya dibuat menampilkan menu-menu yang mudah untuk dapat diakses oleh penggunanya.

image

Adapun akses ke e-learningnya sendiri , diperoleh masing-masing user setelah masing-masing sukses login ke dalam sistem. Secara spesifik, setiap user hanya mengakses ke topik kursus e-learning yang diikutinya saja. Dengan format demikian, akan lebih menyederhanakan tampilan sehingga pengguna sistem akan lebih mudah mengakses ke bagian penting yang ingin diketahuinya.

 

image

 

Dengan menampilkan sistem e-learning sedemikian rupa diharapkan aksesibilitas dan visibilitas sistem bisa lebih optimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s