Google Chrome 11 , bisa mengenal suara!

Umm.. sebagai google apps’ companion, chrome telah membuktikan sebagai satu produk browser yang sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Pagi ini, saat cek about di browsernya, ternyata sudah ter-update otomatis menjadi google chrome 11. Artinya versi terbaru google chrome telah dirilis. Kira-kira apa ya yang baru?

image

 

ganti logo

Pada saat cek pertama, ternyata logo chrome versi ini sudah berubah. entah apa maksud di balik logo baru ini, tetapi saya lihat warnanya menjadi lebih sederhana dan elegan.

image

 

speech input API

cek sana dan sini sedikit, fitur baru apa yang dimiliki oleh chrome browser terbaru ini, saya temukan new speech input API yang diimplementasikan pada chrome yang baru ini. Dengan menggunakan browser ini, sekarang kita bisa ‘menyuruh’ chrome untuk melakukan pencarian. Cukup teriak saja, maka secara otomatis chrome akan mencarikan keyword yang kita ucapkan. tentu saja, untuk perangkat tablet, fitur ini sungguh bermanfaat.

Saya proyeksikan ke depan, dengan fitur ini, maka kita bisa menerjemahkan pidato yang kita ucapkan menjadi format teks dengan beragam bahasa yang tersedia di google translator. Tentu saja ini akan merubah banyak hal! 

lebih cepat dengan GPU accelerator

Browser adalah salah satu aplikasi yang boros video memory. teks, gambar, video, animasi, dan semua kelap-kelip yang muncul di browser pastinya akan memakan memori video kita. chrome11 sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan GPU accelerator yang pastinya bisa menghemat video memori serta bisa menampilkan komponen web dengan cepat. coba aja scroll halaman web dengan chrome. terasa lebih halus bukan?

coba embedded pdf readernya

Selain itu, baiknya kita coba buka dokumen dengan format PDF. secara otomatis, dokumen tersebut akan dirender menjadi halaman web yang sungguh ciamik.

dukungan html5

ada banyak lagi fitur yang disediakan oleh chrome ini. salah satunya adalah dukungan terhadap html5 dan css3. Tapi tetap saja beberapa javascript dan texteditor untuk chrome masih belum didukung. Mungkin untuk mencegah penyusup masuk ke komputer melalui javascript dantexteditor ini.

Overall dari skala lima bintang.. saya beri lima bintang dan dua jempol untuk tool besutan google ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s