CCleaner , Satu-klik untuk komputer kita cepat, bersih, dan rapi

PC, laptop atau desktop yang kita sehari-hari pakai adalah seperti pabrik yang terdiri dari banyak komponen mesin. Setiap mesin dalam pabrik digunakan, tercipta residu atau sampah sebagai sisa proses yang berlangsung. Setiap hari digunakan sampah pun menggunung.

Sampah atau residu tersebut kemudian tersimpan baik di memori ataupun di hardisk dalam bentuk file. Beberapa diantaranya memang digunakan kembali pada saat aplikasinya dipanggil atau kita gunakan. Namun sebagian yang lain menjadi sampah yang terus-menerus menggunung membuat berat mesin serta menghambat proses yang dijalankan. Salah satu software pembuat sampah adalah browser yang kita gunakan untuk berselancar di internet. Setiap kali kita akses satu halaman web, maka ada sekurang-kurangnya 100KB file yang kita simpan ke tembolok browser pada PC kita. (hitung kl sehari kita akses 1000 klik halaman web, mk akan ada 100MB file sampah tersisa di tembolok browser, kl tidak dihapus selama 365 hari?)

Dengan spesifikasi PC atau laptop yang sekarang banyak dipake, residu atau sampah aplikasi yang tersimpan tersebut tidak akan mengganggu kinerja PC atau laptopnya, hanya saja kalau kita dengarkan, kipas prosesor kita akan bekerja lebih berat, booting bisa lebih panjang, aplikasi yang dipanggil pun munculnya lebih lama. Ini disebabkan oleh jumlah file yang harus dibaca oleh komputer kita.

Operating system, biasanya sudah memiliki aturan baku untuk menangani sampah-sampah tersebut.  Itu kalau kita mengandalkan OS. Tapi dengan memilih freeware yang tepat, kita bisamengoptimisasi sistem komputer dengan menghapus file-file sampah tersebut. Salah satu tool yang sayapilih adalah CCleaner. Software besutan piriform ini adalah tool canggih yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan komputer.

image

Sebelum saya gunakan tool ini, saya cukup repot dalam masalah mengoptimisasi sistem. Beberapa utility pun sempat dicoba digunakan untuk membersihkan file-file sampah yang ada di komputer. Hasilnya, tidak cukup memuaskan. Ccleaner ini adalah software freeware, kemampuannya untuk menghapus file sampah juga teruji dengan sangat baik. Setiap hari hampir 500 MB file sampah yang sukses dihapus dari tembolok browser serta software-software lain, sekaligus menghapus memori dari data-data yang sudah tidak dibutuhkan.

Selain itu, utility ini memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mengoptimisasi perangkat komputer berbasis windows OS, meliputi cleaner, registry optimizer, tools (uninstall, startup, system restore, drive wiper). setting-nya pun cukup user friendly. Kita bisa mengatur penjadwalan, include dan exclude pembersihan yang dilakukan, serta beberapa setting tambahan lainnya sehingga proses optimisasi berjalan lebih baik.

Satu hal penting yang dimiliki CCleaner adalah prosesnya bisa berjalan dengan sangat cepat. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembersihan lebih optimal. Cukup jalankan CCleaner setiap hari, maka komputer kita pun selalu siap untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat sekalipun. Dengan tambahan Addons, maka kita bisa melengkapi tool ini dengan fitur-fitur lain yang lebih ampuh mengoptimisasi sistem komputer kita. Untuk kemudahan kita, tersedia CCleaner versi install dan versi portable. Bagi maintainer lab komputer dengan jumlah puluhan bahkan ratusan, maka tool ini sangat berguna. Just-one-click,  than system will be optimized.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s