Picasa3, PicasaWeb, FSResizer : Mega Solusi bagi Komunitas Fotografi Digital Mempublikasikan Karya-karyanya Online

Pengantar

Picasa3 adalah software pengolah foto yang sangat powerful baik untuk pemula ataupun tingkat mahir. Saya menggunakannya untuk kebutuhan pengelolaan foto digital library. Tulisan blog yg saya buat ini masih untuk para digital photographer yang semakin marak serta membutuhkan media repositori online.Dengan kamera-kamera yang banyak digunakan sekarang, membuat repo menjadi boros.

Kabar baiknya adalah google menyediakan unlimited repository untuk foto-foto ukurang kurang dari 800px. Bagi para narsis-wan dan narsis-wati pecinta fotografi, kabar tersebut akan terdengan cukup menggembirakan. Dengan tool fsresizer yang saya rekomendasikan, akan gampang jadinya membuat hasil jepretan mudah untuk dipublikasikan secara online.

Catatan saya malam ini masih akan membahas topik online repository untuk foto-foto digital. Dari pengalaman, saya yakin apa yang saya share ini bisa memudahkan pembaca dalam mengarsipkan dan mempublikasikan hasil karya fotografinya dgn memanfaatkan media online.

Berbeda dari bahasan sebelumnya (3F untuk seamless online foto publising), pada topik ini kita gunakan picasa3 untuk tool desktop, picasaweb sebagai repositori online-nya atau cloud storage-nya, serta fsresizer untuk media mengelola foto-foto yang dipublikasikan.

Prinsip yang saya yakini, gunakanlah teknologi untuk memudahkan kita sehingga kita dapat fokus mengerjakan yang benar-benar kita sukai.

Secara ringkas saya akan bahas tentang pengalaman dengan picasa3, kemudian setting picasaweb, fsresizer serta syncronizing antara file foto di desktop dengan picasaweb via picasa3. Dengan menggunakan tool tersebut, kita akan mudah untuk menyimpan, mempublikasikan secara online foto-foto karya kita, sekaligus dapat membagikannya menggunakan media facebook.

PicasaWeb Album (picasaweb.google.com)

Bagi pengguna gmail atau googleapps, setelah login pada bagian menu atas ada menu teks tertulis [Photos], kl di klik maka di-forward-kan ke alamat picasaweb.google.com. Setiap user gmail memiliki repositori maksimum 1 GB untuk dapat diisi dengan foto-foto yang kita miliki. Selain itu, dengan mengakses halaman profil di google, foto-foto tersebut juga bisa kita munculkan. Sehingga portofolio online yang kita publikasikan akan tampak lebih cantik.

Untuk yang belum memiliki akun gmail, silakan akses bagian [sign up]. Registrasi cukup ringkas dan sederhana.

Nah, dengan mengakses bagian [Photos] tersebut, sebenarnya setiap user sudah dapat mengupload-kan serta mempublikasikan foto-fotonya. Tapi, pasti jumlah foto yang terpublikasikan tidak akan banyak. Karena terbatasnya kapasitas uploader situsnya, juga langkah-langkahnya cukup panjang.

Maka di sini, saya rekomendasikan untuk menggunakan software free dari google picasa3 yang diinstall di desktop, berfungsi sebagai foto file manager, sekaligus sarana untuk sinkronisasi dengan picasaweb online. menarik bukan.

 image

Picasa3 (picasa.google.com)

Software picasa3 adalah software digital library untuk fotografi yang memiliki fitur lengkap dengan banyak keunggulan. Sekali install di desktop, banyak sekali kemudahan yang bisa diberikan oleh aplikasi ini untuk mengelola file-file foto dan mengolah foto digital sehingga tampak lebih baik dan lebih indah untuk dipublikasikan.

Fitur yang menarik bagi saya dalam menggunakan picasa3 ini adalah seamless integration dengan picasaweb serta blogspot. Tambahannya lagi, setelah searching sana sini, saya menemukan banyak fitur yang benar-benar menjawab kebutuhan saya dalam mempublikasikan arsip foto-foto digital.

image

 

FS Resizer

FS Resizer adalah tool yg bisa digunakan untuk multi-renamer, menyesuaikan ukuran foto, kompressi, ubah format dan lainnya. FS Resizer benar-benar memudahkan mengolah foto dengan jumlah yang sangat banyak sampai foto tersebut siap untuk diuploadkan dan dipublikasikan. Tulisan mengenai ini sudah dibahas di topik sebelumnya.

Picasa Quick Viewer

Bagi pengguna google chrome, ada beberapa extension yang bisa digunakan untuk memudahkan kita mengakses picasaweb. Salah satu extension yang saya gunakan adalah Picasa Quick Viewer. Untuk installnya dapat mengakses alamat url .

https://chrome.google.com/extensions/detail/aofblhfodgoljjnhjiocpflamdoodngd 

Livewriter Picasa

Livewriter merupakan tool yang memudahkan dalam mempublikasikan tulisan melalui blogs. Picasa memiliki plugins supaya memudahkan user menyisipkan foto-foto yang diarsipkan di picasaweb untuk bisa dilampirkan dan dituliskan di blog menggunakan utility livewriter. Url untuk bisa menggunakan livewriter dengan plugins Picasa ini dapat diakses di url sebagai berikut

http://livewriterpicasa.codeplex.com/

AddtoPicasa

Pengguna mozilla firefox dapat menyalin foto atau gambar pada halaman web yang dikunjunginya ke desktop dan bisa langsung dikelola berdasarkan kategori yang kita tentukan dengan menggunakan firefox extension. Akses ke url extension berikut untuk menambahkannya ke firefox yang kita gunakan.

https://addons.mozilla.org/af/firefox/addon/addtopicasa/

Picasa3 dan Facebook : Picasa Uploader for Facebook

Sempat terpikirkan juga, bagaimana foto yang saya simpan di software picasa di desktop bisa dipublikasikan ke facebook. Ternyata saya menemukan facebook aplikasi yang sudah bisa mengintegrasikan picasa desktop dengan facebook. Silakan akses url ini untuk memposting foto ke facebook dengan mudah dari picasa desktop. Selain itu, foto yang sudah terpublikasikan online pun bisa di-share melalui e-mail, melalui twitter, dan tentu saja di facebook.

http://apps.facebook.com/picasauploader/

 

Penutup

Demikian, ada sekian kemudahan yang ditawarkan dengan utiliti gratis sehingga karya yang dibuat bisa dinikmati oleh para netter di seluruh dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s