Flickr, FSresizer, Flickrsync untuk Seamless Online Foto Publishing

Para pecinta fotografi digital membutuhkan media repositori untuk menyimpan, mengedit, serta mempublikasikan arsip-arsip foto digitalnya. Setelah melakukan analisa objek yang akan jadi topik fotonya, kemudian menyiapkan agenda, melakukan pemotretan, hasil jepretannya tersebut perlu dipajang dan dipublikasikan.

Sama halnya dengan di atas, para netter yang sering bepergian. Alangkah senangnya apabila arsip foto dan karya-karya hasil jepretan dari kamera digitalnya bisa tersimpan, serta terpublikasi dengan baik.

Bukan hanya komunitas fotografi, atau netter, para professional, yang melakukan tugasnya, atau para narasumber seminar yang sedang membagi-bagikan ilmunya atau para dosen, para guru yang sedang mengajarkan ilmunya atau peneliti yang sedang melakukan ekspedisi dan eksplorasi, seringkali memiliki dokumentasi foto digital yang banyak.

Saya adalah bagian dari orang yang seneng jeprat-jepret, netter , professional juga, mengajar, dan meneliti juga, termasuk yang senang bepergian. Saya menggunakan beberapa kamera, ada yg di ponsel, ada juga kamera digital, bawa modem serta bawa laptop/netbook juga. Persoalannya adalah kadangkala sulit sekali untuk mempublikasikan foto yang sudah tersimpan dikamera. solusinya adalah dengan menggunakan tool bawaan ponsel untuk langsung upload ke media. Tapi saya sering tidak nyaman melakukan hal tersebut, mengingat beberapa dokumen harus kita edit dan kita sesuaikan dengan story atau latar belakang mempublikasikan foto itu.

Untuk seamless foto publishing ini, saya kemudian riset kecil mencari utility yang memudahkan proses pengarsipan serta publikasi foto-foto digital yang saya miliki. Dengan memanfaatkan cloud foto repository di flickr, kemudian memanfaatkan utility portable FSResizer, serta tool flickrsync kebutuhan saya untuk mengarsipkan dan mempublikasikan foto secara online dengan mudah, akhirnya bisa terwujud.

Saya share dengan rekan-rekan netter, semoga hasil-hasil produksi foto kita bisa dengan mudah kita publikasikan, dan bisa memberikan benefit yang besar bagi pemilik serta penikmatnya dan akan muncul penggiat-penggiat fotografi digital di tanah air.

Fotografi Digital

Tren perkembangan teknologi membuat penggiat fotografi semakin marak dan tumbuh pesat. Bahkan hampir semua jenis ponsel yang diproduksi saat ini menyertakan kamera digital yang ukuran pikselnya sudah jauh berkembang. Saat ini saya menggunakan kamera saku (pocket camera) digital dari Canon dan Samsung dengan ukuran 2 MPx dan 10Mpx untuk menemani perjalanan. Selain itu, seringkali arsip foto diambil dengan kamera dari ponsel Nokia E63 atau Samsung Galaxy I5700. Fotografi digital dibanding fotografi konvensional, berbeda di sisi perangkat serta hasil jepretannya. Teknologi film untuk kamera saat ini hanya digunakan untuk kebutuhan khusus. Sisanya, semua adalah foto digital.

Di sini saya hanya akan kupas tentang pemanfaatan clouds foto repository dengan flickr. Kemudian mensinkronisasi dari desktop menggunakan flickrsync. Keduanya membuat saya bergairah kembali untuk mempublikasikan arsip foto digital yang ada di laptop atau dekstop. Sebelumnya ada beberapa tool yang saya pakai, seperti flickruploadr. Saat ini, flickrsync lebih menjawab kebutuhan saya. Tanpa panjang kata, selamat berfotografi ria.

Flickr (www.flickr.com)

Untuk lebih jauh mengenal tentang flickr bisa cek di : http://www.flickr.com/about/  . Atau untuk bisa tahu lebih banyak bisa akses di http://www.flickr.com/tour/ . Pertama, untuk membuat akun flickr gunakan akun yahoo! atau facebook atau google. Yg paling gampang adalah membuat akun dengan login yahoo!. ketik url : http://www.flickr.com/signup/  untuk membuat akun ini. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Flickr menyediakan 300MB photo limit dan 2 Video @150MB per bulan. Kapasitas repositori yang cukup lumayan untuk hosting file-file foto-foto kita.

Kl sdh sukses, bisa cek akun tersebut dengan masuk login ke flickr dengan menggunakan akun yang sudah tadi kita daftarkan. Upload satu atau dua file foto yang ada di komputer untuk testing bila diperlukan.

Buatlah nama domain kita di flickr dengan mengakses ke url :

http://www.flickr.com/profile_ url.gne 

Nama domain yang kita setting pada halaman tersebut dapat menjadi url domain flickr untuk kita publikasikan, contoh : www.flickr.com/ariefbb  atau www.flickr.com/photos/ariefbb atau bisa juga www.flickr.com/people/ariefbb . Benar-benar gampang diingat bukan?

Flickrsync (flickrsync.freehostia.com)

Flickrsync adalah tool freeware yg bisa digunakan untuk memudahkan sinkronisasi foto untuk pengguna flickr.

Url info aplikasi : http://www.flickr.com/services/apps/55307/ 

Url download : http://flickrsync.freehostia.com/index_download.htm 

Bagi pengguna xp : update/install  .NET runtime environment framework 3.0 ;  update ini sdh tersedia di setup installer. Aplikasi flickrsync menyediakan fitur utk setting proxy. Fitur inilah yg membuat saya nyaman dalam menggunakan flickrsync. Di rumah bisa akses tanpa proxy, di kantor juga bisa tetap sinkronisasi walau harus setting proxy.

Silakan instalasi dengan klik setup.exe kemudian selesai aplikasi di install, jalankan flickrsync. Langkah selanjutnya:

  1. Buatlah folder photo di desktop/laptop/netbook untuk disinkronisasi dengan flickr,
  2. Buka dan jalankan aplikasi flickrsync dari [Start] menu;
  3. Pada panel kiri, cari folder photo, ceklis nama folder untuk disinkronisasi; muncul jendela untuk edit keterangan yang akan diupload ke flickr.
  4. Beri nama set [title] dan [deskripsi] ;
  5. Klik tombol [View & Sync All] pada sudut kiri atas
  6. Klik tombol [sync] ; setiap foto pada folder tersebut akan disinkronisasi.
  7. Apabila upload berhasil akan muncul jendela notifikasi sinkronisasi berhasil;
  8. Cek foto di url domain flickr yang kita gunakan.
  9. Share foto yang tadi kita sinkronisasi di flickr dengan mengklik tombol [share] kemudian klik [grab the link] ; copy & paste link tersebut di social media yang Anda gunakan.

FSresizer  (faststone.org)

File-file foto dari kamera digital dengan ukuran lensa yang baik umumnya menghasilkan gambar dengan ukuran file dan resolusi yang besar.

Ukuran file dan resolusi untuk web tentu saja berbeda dibandingkan dengan ukuran dan resolusi untuk cetak atau print.

Selain itu penamaan seringkali perlu kita sesuaikan. Atau barangkali hasil jepretan ingin kita tambahkan identitas dengan watermark, edit atau penyesuaian beberapa hasil.

Melakukan poin-poin di atas sebenarnya bisa dilakukan secara manual. Hanya saja pasti membutuhkan waktu lebih banyak apabila kita tidak menemukan perangkat yang tepat. Beberapa kali saya mengujicobakan beragama foto editor sampai akhirnya menemukan FSresizer, suatu aplikasi freeware portable yang dapat digunakan untuk keperluan penyiapan foto yang akan kita uploadkan di flickr.

Aplikasi ini sangat ampuh dan memiliki tingkat kompressi yang sangat memuaskan. Foto berukuran 5MB bisa diubah menjadi ukuran file 100KB saja. benar-benar sangat menghemat kapasitas hosting kita di flickr.

Untuk source installer dan tatacara installnya, bisa mengakses ke url : http://www.faststone.org/FSResizerDetail.htm 

setup installer terbaru di url :

http://www.faststone.org/FSResizerDownload.htm 

Sebelum foto-foto kita upload, gunakanlah FSresizer untuk mengkastemisasi ukuran, nama, serta tambah identitas kita.

Akhir kata

Tidak berpanjang-panjang, 3F (Flickr, FSresizer, Flicksync) adalah tool powerful untuk membuat hasil jepretan kamera kita dapat dinikmati oleh segenap khalayak di seluruh dunia. Have fun!  (www.flickr.com/ariefbb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s