Ragam Clouds Storage untuk Para Professional Superaktif

Bagi para professional superaktif, sinkronisasi perangkat-perangkat yang digunakan adalah jadi kebutuhan primer. Mengingat semuanya harus bisa mudah dan semuanya harus bisa mungkin. :) Untuk itu, marilah kita tengok beberapa aplikasi clouds berikut ini yang saya alami dan gunakan ternyata memberikan kemudahan dan sangat membantu aktivitas-aktivitas kita.

Evernote  (www.evernote.com)

Evernote adalah cloud storage yang saya gunakan sebagai pengganti dari notepad yang sering digunakan untuk mencatatkan hal-hal ringan, ide-ide, catatan meeting dan lainnya. Bedanya dengan notepad, evernote bisa sinkron dengan akun yang kita buat di evernote.com dan bisa diakses dari perangkat apapun. Evernote bisa diinstall di desktop dengan kemampuan printscreen, menulis dengan style, sisipkan gambar, audio, dan video; dan juga bisa diinstall di perangkat mobile (android, IOS, atau win7mobile) dengan fitur yang sama; selain itu bisa integrasi juga dengan chrome browser melalui apps atau extensionnya. Kapasitas yang disediakan free adalah 2 GB.

Dengan evernote ini, kita bisa mudah membuat notebook (atau kumpulan catatan2), tagging, archiving, dan lainnya. Fitur  dari evernote yang sering sy gunakan adalah menambahkan note melalui e-mail. Dengan  fitur ini, sydapat membuat banyak catatan di Nokia Notes pada E63 kemudian sy kirimkan ke alamat e-mail yang di-create di evernote. Note tersebut bisa langsung diakses di laptop, desktop, ipad, dan android.

Diigo (diigo.com)

Saya menemukan diigo secara tidak sengaja. Pada saat otak-atik chrome browser, saya install sebuah aplikasi notes namanya quick notes. aplikasi ini membuat mudah kl harus menyalin isi suatu website. Pada saat mencari cara untuk sinkronisasi, tyt link dengan url http://diigo.com. membuat akunnya juga cukup mudah krn bisa terintegrasi dengan akun gmail. Hasilnya adalah untuk riset dan mencari bahan konten dari website,maka kita cukup gunakan quick note yg synchronized dengan diigo.com. Portabilitas yang ditawarkan diigo.com ini, antara lain dengan tersedianya aplikasi untuk android mobile, namanya adalah power note. Dengan power note ini, selain bisa digunakan untuk data capture di android, jg bisa untuk mengakses my library yang isinya adalah catatan-catatan dari quick notes pada browser chrome.

Dropbox (www.dropbox.com)

Setelah selesai catat-mencatat, maka selanjutnya adalah bagian file-memfile atau dokumen-mendokumen :) (istilahnya hararese). Untuk kemudahan mengakses file atau dokumen berupa file proposal, presentasi, ebook, pdf, foto, video, maka kita bisa gunakan #cloud #storage Dropbox. Sekarang ini, bukan jamannya lagi kita harus uploadkan file-file tersebut. Yang perlu dilakukan adalah buat suatu folder yang diakses oleh aplikasi dropbox yang kita download dari situsnya. Kemudian kita daftarkan akun kita disana. Semua file,folder yang kita buat akan secara otomatis tersinkronisasi di server dropbox. Dengan demikian, dari semua komputer kita yang lain, bahkan dari semua perangkat mobile kita,kita bisa akses file dan folder tersebut.

Untuk melakukannya, cukup akses ke situs dropbox, download dan registrasi di sana. kemudian masuk ke android market, download dropbox. sama halnya juga untuk IOS, cukup akses ke itunes dapatkanlah file-file yg dibutuhkan di sana. Jangan lupa untuk membuat folder yang bisa diakses oleh dropbox. Atau untuk mudahnya, kita bisa gunakan ‘magic briefcase’. 

Sugarsync

Alternatif pilihan dari dropbox ini adalah sugarsync. Kapasitas yang ditawarkannya untuk cloud storage di sugarsync lebih besar dibandingkan dengan dropbox. Kita diberikan kapasitas 5GB online storage in sugarsync ini. Dan sekali lagi saya sebutkan, bahwa kita tidak harus ‘upload’. Cukup sediakan foldernya, dan biarkanlah sugarsync bekerja. :)

Portabilitasi Sugarsync mencakup aplikasi-aplikasi yang bisa dijalankan di semua platform meliputi desktop, laptop, netbook, android, iOS, dan platform lainnya.  alhasil, dengan empat jenis platform di atas, semua aktivitas yang kita jalankan bisa lebih mudah tanpa khawatir file atau dokumen yang kita buat ketinggalan.

Ok then, selamat terbang ke awan serta menyiapkan ruang-ruang storage di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s