Games sebagai Media Baru dalam Pembelajaran

Pada saat proses belajar, guru berinteraksi dengan muridnya untuk memindahkaan pengetahuan dari dalam dirinya kepada murid-muridnya. Interaksi dilakukan secara langsung menggunakan media komunikasi udara sebagai penghantar transmisi gelombang suara untuk masuk ke pendengaran para muridnya. Informasi kemudian diolah secara spesifik kemudian masuk ke dalam diri siswa dalam bentuk pengetahuan atau pemahaman.

Dewasa ini, proses belajar tersebut mengalami stagnasi. Kebosanan mulai muncul di antara para siswa. Efeknya adalah maraknya game yang menjadi pilihan siswa untuk mengatasi kebosanan tersebut. Kita perhatikan hampir disetiap warnet yang memiliki layanan games online, selalu penuh dengan pengunjung. Kalau lebih jauh diperhatikan, games tersebut isinya selalu bertentangan dengan apa yang diajarkan atau disampaikan oleh guru di kelas. Hal ini berpengaruh pada perilaku siswa yang ‘cenderung’ menyimpang.

Alhasil, perlu solusi untuk mengatasi persoalan besar di atas. Bagaimana ketertarikan siswa kepada game menjadi daya besar untuk memberikan energi positif menyampaikan pengetahuan kepada siswa dengan antusiasme dan ketertarikan yang besar. Salah satu alternatifnya adalah menjadikan games sebagai media baru dalam pembelajaran.

Games sebagai alternatif pembelajaran tersebut sebenarnya bukanlah hal yang baru. Karena kita sejak lama sudah mengenal catur, halma, ludo, dan ular tangga, sebagai permainan papan yang digunakan dan merupakan game-game menarik untuk dimainkan di berbagai kalangan dari anak sampai dewasa. Seperti yang disebutkan mas Eko Nugroho, editor Kummara, perkembangan teknologi informasi dewasa ini mendorong informasi tentang perkembangan boardgame modern.

Games-games ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan, serta bisa menjadi alternatif media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Untuk itu, dengan ide besar elearning kedepan adalah games-games yang kreatif untuk pembelajaran, ComLabs ITB bersama Kummara mengadakan event inisiatif dengan menghadirkan beragam games pembelajaran yang menarik untuk dimainkan. Di event tersebut lebih dari 300 peserta akan bisa memainkan ebih dari 100 jenis board game modern serta 30 game digital selama satu hari penuh. Ganesha Bermain 2011 akan menjadi satu event kreatif terbesar di awal tahun ini sekaligus titik awal dimulainya industri board game modern Indonesia yang saling bersinergi dengan berbagai industri lainnya, sebuah industri baru dengan potensi luar biasa yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Kini industri board game modern Indonesia akan mulai dikenal di seluruh dunia dan Anda semua bisa ikut bermain di dalamnya.  Untuk yang satu ini, tidak ada kata larangan, melainkan : Mari kita main games! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s