Model E-learning di Organisasi

Selama proses learning berjalan di suatu organisasi ataupun institusi, maka yakinlah bahwa e-learning bisa diterapkan. Persoalan intinya adalah banyak organisasi yang tidak memiliki model pembelajaran. Pada saat mengimplementasikan e-learning organisasi tersebut pasti akan kebingungan. Adopsi model pembelajaran eksternal yang dimasukkan ke dalam organisasi membutuhkan change management yang ketat.

Model e-learning yang bisa diterapkan dapat dikategorisasi menjadi model-model sebagai berikut,

  1. Model Online Course
  2. Model Blendedlearning
  3. Model Self-managed e-learning
  4. Model live e-learning
  5. Model Electronic Performance Support

Model Online Course

E-learning model ini banyak ditemukan untuk pembelajaran yang disediakan oleh vendor. Bentuknya adalah user registrasi, memperoleh akun untuk akses. User kemudian mengikuti pembelajaran yang disediakan melalui media internet dengan bahan-bahan ajar yang tersedia, berinteraksi di forum, serta mengikuti tahapan assessment. Setelah selesai maka user memperoleh sertifikat.

Model Blendedlearning

E-learning model ini ditemukan pada institusi pendidikan seperti sekolah ataupun universitas. Model blendedlearning tepat diimplementasikan disekolah ataupun universitas mengingat user sudah mendedikasikan untuk belajar di institusi tersebut. Yang bersangkutan sudah datang, melamar, serta diterima dengan mengikuti proses yang telah ditentukan. E-learning dalam hal ini digunakan sebagai media untuk mendukung pembelajaran tatap muka, yaitu sebagai repositori bahan ajar, interaksi belajar di luar jam tatap muka, serta media assessment.

Model Self-managed Learning

E-learning mandiri umumnya disediakan oleh korporat. E-learning tersebut merupakan arsip-arsip bahan pembelajaran yang dapat diakses oleh segenap stakeholder. Bentuk self-managed e-learning ini bisa beragam. Cirinya antara lain, bahwa bahan belajar biasanya tidak terlampau terkait dengan suatu silabus ataupun kurikulum.

Model live e-learning

Bentuk e-learning dalam format live ini saat ini banyak digunakan untuk meningkatkan jangkauan audience. Format tersebut sangat efektif digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Keuntungannya antara lain, dapat menghemat waktu, serta bisa mengoptimalkan narasumber pembelajaran. Untuk menjalankan format e-learning jenis ini tersedia software yang dapat digunakan sebagai alat conference

Model Electronic performance support

Model ini banyak digunakan untuk menyiapkan bahan e-learning yang digunakan untuk mendukung fungsi dan posisi tertentu dalam pekerjaan. Model ini banyak digunakan di korporasi.

Demikian lima model e-learning sebagai bentuk pengayaan pemahaman mengenai penerapan e-learning yang saat ini bisa dipilih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s