Fitur Moodle 2.0 – Learning Path

Setelah beberapa kali perlu untuk install ulang moodle2.0 RC1-nya karena kompatibilitasnya dengan browser yang agak sedikit bermasalah, malam ini saat diujicoba fitur-fiturnya sudah tidak lagi menemukan kendala. Pada saat beberapa kali mengisi training e-learning, banyak peserta yang mempertanyakan bagaimana apabila seorang instruktur ingin mengetahui sejauh mana peserta atau murid menjalankan proses pembelajarannya.

Moodle terdahulu belum memiliki fitur khusus yang menangani penelusuran user ini. Kecuali beberapa fitur seperti activity locking yang dirancang untuk mengunci aktivitas. Hanya implementasi activity locking ini cukup rumit. Beberapa diantaranya malah membuat sistem moodle down. Sedangkan di Moodle versi 2.0, penelusuran pembelajaran siswa sudah langsung masuk di dalam versi moodle standar. Tentu saja hal ini memudahkan bagi pengajar untuk mensupervisi kegiatan pembelajaran mandiri yang dilakukan siswa.

Seorang instruktur atau pengajar dapat menentukan proses penelusuran pembelajaran yang diikuti masing-masing siswa. Ada dua tipe penelusuran, tipe pertama adalah berdasarkan syarat yang ditentukan oleh dosen. Tipe kedua adalah siswa sendiri yang memutuskan apakah yang bersangkutan sudah selesai mengikuti pelajaran atau belum. Cara kedua ini, siswa cukup memberikan ceklis pada bahan ajar yang tersedia. Instruktur dalam kegiatan pembelajaran ini menjadi penting. Instruktur benar-benar perlu mendefinisikan rancangan pembelajarannya dengan baik serta mendefinisikan ketentuan-ketentuan seorang siswa dinyatakan berhasil mengikuti pembelajaran bukan hanya per keseluruhan materi, tetapi juga mulai dari per sesi atau per topik.

Dengan fitur penelusuran pembelajaran ini, maka peranan pengajar dalam pembelajaran online tidak cukup hanya memberikan bahan pembelajaran tetapi juga menjadi sutradara pembelajaran itu sendiri. Menutup tulisan saya malam ini, saya sampaikan : selamat menyusun rangkaian/skenario pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s