Menimang Operating System Masa Depan

 

Di kedai kopi phoenam, sebuah sudut kota Makassar, kami berdiskusi mengenai tren perkembangan komputer dan internet ke depan. Bahan pertimbangan utamanya adalah komputer sudah menjadi barang yang ‘biasa’. Komputer sudah menjadi tema untuk suatu perangkat yang dipakai sehari-hari, bukan lagi menjadi barang mewah yang perlu untuk disimpan secara khusus. Lalu, mau ke mana pergerakan perkembangan komputer ke depan? Akhirnya kami bercerita membayangkan masa di mana semua benda yang kita temui adalah komputer, mesin yang memiliki otak dengan kecepatan pemrosesan minimal 2 GHz. Mesin-mesin dengan menggunakan prosesor qualcomm dan menjalankan sistem operasi Android, terkoneksi internet dengan wifi, HSDPA. Dapat ditelusuri dengan menggunakan GPS, interkoneksi antar divais dengan bluetooth, dst .. dst. Lalu posisi Microsoft, Intel, AMD, IBM, dan lainnya ada di mana? Menurut saya, dunia akan selalu berputar. Posisi Google saat ini adalah seperti posisi Microsoft pada jaman PC mulai berkembang. Tapi saat ini, komputer tidak lagi PC! komputer adalah semua benda yang kita temui sehari-hari.

Setelah mendarat kembali di Bandung, saya coba sempatkan untuk tuliskan beberapa bahan yang barangkali bisa kita semua baca untuk menghitung ulang pergerakan TIK ke depan.

Internet

Terimakasih untuk Cerf, Davies, Baran, Kleinrock atas jerih payahnya menelurkan ide internet yang saat ini kemudian berkembang pesat. Internet menjadi breakthrough revolusi komputer ke depan. Betapa besar manfaat yang dihasilkan dari penemuan internet ini untuk peradaban manusia saat ini, dan tentu saja ke depan. Karena dengan internet, komputer bukan lagi fisik melainkan suatu konsep menghubungkan ide dengan ide serta berkolaborasi membangun mega ide ke depan.

 

What People Need on Internet

Kalau diterka, kebutuhan penggunaan komputer adalah untuk office, internet, dan multimedia. Tapi seiring dengan pengembangan bandwidth, kemudian muncul kebutuhan untuk kolaborasi, komunikasi, serta sosial.  Maka kemudian muncul website-website sebagai representasi dari kebutuhan-kebutuhan tersebut. Website ini sudah dilengkapi dengan flash, pdf, javascript, widget, geolocation, geotagging, svg, html5, css3, facebook, dan lain-lainnya. Tidak hanya diakses secara statis dari desktop tetapi jiga diakses secara mobile dari mana saja user internet berada.

Browser

Semua yang dibutuhkan tersebut di atas, saat ini berjalan di atas platform browser. Tidak lagi muncul dari native operating system, seperti windows, linux, macOS. Otomatis, semua mesin atau semua alat yang saat ini dapat menjalankan browser tentu akan bisa menampilkan aplikasi-aplikasi di atas secara interaktif. Ehm.. dalam hal ini, browserlah yang menjadi platform untuk menjalankan aplikasi di atas.

Evolusi HTML

Perkembangan browser yang ada tentu saja tidak lepas dari kemampuan HTML yang juga terus berkembang. Saat ini W3C sebagai polisi standar internet, telah mengeluarkan rambu-rambu yang baru berupa standar yang disebut dengan HTML5. Standar ini sudah mencakup cross document messaging, canvas, video, geolocation, widgets, web forms, web workers, dan lainnya yang sudah secara native menempel pada HTML5 tersebut. Standar ini kemudian diterjemahkan oleh browser sehingga aplikasi tersebut compatible dengan fitur-fitur internet masa depan.

Konten-konten yang disebutkan di atas, kemudian didukung oleh tata letak yang cantik dari teknologi CSS3 dengan perangkat yang saat ini sudah berkembang pesat dibandingkan sebelumnya, berupa border-radius, box-shadow, web-fonts, text-shadow, dan lain-lainnya.

Dengan standar web tersebut,ditambah dengan browser yang sudah multi-platform maka dekatlah saatnya semua alat yang kita temui sehari-hari sudah memenuhi standar internet-compliance. Otomatis operating system kedepan tidak lagi windows, linux, macOS, solaris atau lainnya. Tetapi dalam waktu dekat, sistem operasi untuk semua komputer yang ada di dunia ini adalah firefox, opera, chrome, dan barangkali internet explorer.

Tantangannya adalah untuk para developer, bagaimana kita menciptakan aplikasi-aplikasi dengan cepat memanfaatkan tool-tool yang ada, serta murah dari sisi biaya, serta memiliki fitur-fitur yang optimal dan bisa dimanfaatkan secar luas oleh segenap user internet. Sedangkan tantangannya untuk para user adalah bagaimana supaya dapat menciptakan konten-konten yang kaya sehingga benar-benar bernilai. Kemudian membuat konten tersebut berdaya dan bernilai guna yang tinggi. Tentu saja dengan tetap berpegang teguh pada norma dan aturan yang berlaku secara luas. Sehingga penggunaan internet ini tidak melanggar rambu-rambu moral dan etika yang saat ini berjalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s