Memandang Langit Rokan Hulu di Pagi Hari

 

Pulau Sumatera sebenarnya bukan tempat kali pertama saya berkunjung. Sudah beberapa kali saya singgah di pulau ini untuk beragam keperluan. Namun perjalanan kali ini cukuplah memberikan kesan. Setelah satu tahun tidak menginjakkan kaki di bumi swarnadwipa, sekarang saya sudah diberikan kesempatan kembali.

Provinsi Riau adalah provinsi yang cukup sering terdengar gaungnya baik di berita televisi ataupun dari teman-teman yang ‘kuli’ di provinsi ini. Hanya, bagi seorang arief, kali ini adalah kedatangannya yang pertama. Lokasi yang dikunjungi adalah Kabupaten Rokan Hulu atau Rohul. Untuk sampai ke daerah ini, maka kami harus melewati Kampar dengan ibukotanya Bengkinang, Rokan Hilir, Rokan Darussalama sampai akhirnya di Rokan Hulu. Waktu temputh dari Pekanbaru sekitar 4 jam dengan jarak tempuh 190 km.

Misi yang diemban pada tugas kali ini adalah pengembangan SDM Pemkab Rokan Hulu dengan titel training adalah Diklat Aplikasi untuk Kedinasan. Suatu aktivitas piloting yang dikomandoi oleh BKD Kabupatan Rokan Hulu. Materi yang disampaikan adalah mengenai optimalisasi penggunaan internet untuk kedinasan di lingkungan pemkab Rokan Hulu. Peserta yang hadir mencapai 45 orang. Suatu jumlah yang cukup besar yang harus ditraining dengan tenaga instruktur dua orang.

sampai dengan hari pertama ini, aktivitas berjalan dengan lancar minus akses internet yang serba kekurangan. Karena ternyata setelah tiba di kota ini, sinyal-sinyal telekomunikasi untuk akses data serba berkekurangan. Untuk hal tersebut, maka improvisasi instruktur berdasarkan insting kebutuhan materilah yang kemudian berjalan. Alhamdulillah, semuanya kemudian berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s