Berubah! Cara Pandang Masyarakat terhadap IT

 

Dalam meeting selasa pagi ini, ada pernyataan yang disampaikan pa Iyan menanggapi transformasi comlabs kini dan ke depan. Saya sebagai praktisi yang saat ini cukup intens memonitor perkembangan teknologi informasi, cukup merasakan bagaimana perubahan cara pandang masyarakat terhadap IT dewasa ini.

Pada awal 2001, IT menjadi hal yang baru, komputer dan laptop masih menjadi barang mewah, sarana e-mail, koneksi internet adalah layanan yang wah. kapasitas RAM, hardisk, prosesor masih ‘seadanya’. Coba kita lihat dan bandingkan dengan awal 2010. IT sudah bukan menjadi barang baru lagi, atau bahkan barangkali sudah mulai ‘kadaluarsa’, komputer dan laptop sudah ‘pabalatak’, e-mail sudah ada di handphone, koneksi internet sudah bisa dari desa terpencil, kapasitas RAM minimum sudah 5Gigs, Hardisk laptop sudah bisa 750Gigs, prosesor sudah quadcore.

Pertanyaan yang muncul adalah nasib institusi IT, apakah akan bisa terus berkembang seiring perubahan teknologi, dan cara pandang masyarakatnya, atau lambat-laun akan terkubur karena tidak memampu mengiringi perubahan dan perkembangan tadi?

Sampai dengan saat ini, lembaga-lembaga IT cukup mampu merespon perubahan tadi. Barangkali pertanyaan yang paling pas adalah, sampai kapan lembaga IT bisa mengiringi perubahan tersebut? Kecuali ia sebagai pelopor perubahan, lembaga-lembaga IT yang tidak mampu akan punah dengan sendirinya. Untuk itu, maka supaya perubahan cara pandang masyarakat ini berkaitan positif terhadap perkembangan institusi IT, maka seyogyanyalah, lembaga IT menjadi pelopor pengguna serta pengembangan layanan terdepan dengan memanfaatkan IT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s