Services is You Deliver what You Promises

Sabtu ini, 20 Maret 2010, ComLabs USDI-ITB mengundang Pa Basuki Suhardiman, Kepala USDI, untuk sharing dan memberikan arahan mengenai layanan teknologi informasi di Institut Teknologi Bandung kepada segenap staf ComLabs.

Satu pokok bahasan yang sangat menarik adalah pendefinisiannya terhadap services, yakni you deliver what you promises. Pa Bas sampaikan, bahwa standar dari layanan itu adalah memberikan apa yang dijanjikan kepada segenap stakehloder layanan. Sebagai institusi, layanan yang diberikan meliputi produk-produk yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Dalam lingkup perguruan tinggi, layanan tersebut meliputi tridarma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Unit layanan IT di perguruan tinggi seperti Comlabs seharusnya bisa mendukung ke tridarma perguruan tinggi tersebut, yakni mendukung ke proses pendidikan dan pembelajaran yang ada di ITB, proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh kelompok keahlian dan pusat penelitian di ITB, serta pengabdian masyarakat oleh institusi yang bertanggung jawab dalam aktivitas tersebut. Namun, tidak berarti dengan memberikan dukungan tersebut, terus tidak melakukan pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakatnya sendiri. Dalam rangka proses mendukung itu, perlu dilakukan juga pengembangan berupa pengembangan sdm dalam bentuk pendidikan terarah dan terpadu, melakukan penelitian dan pengembangan untuk teknologi yang bisa digunakan dalam penelitian, serta secara bersama-sama melakukan sumbangsih kepada masyarakat.

Untuk menjalankan misinya tersebut, maka institusi memanfaatkan sumber daya, terdiri dari manusia dan sarana yang dibutuhkan untuk menjalankan misi tersebut. Dalam kerangka SDM, masing-masing SDM diberikan bekal berupa bakat dan potensi. Bakat dan potensinya seharusnya bisa mendukung tugas-tugas yang diembannya. Dan sifatnya adalah unique memiliki peranan yang sesuai dengan kemampuan/bakatnya. Untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya, secara proaktif, masing-masing SDM harus tumbuh dan berkembang, mengikuti perkembangan sarana dan alat yang digunakan untuk menjalankan tugasnya.

Menyangkut hal ini, Pa Bas, mendefinisikan informasi. Informasi adalah data yang mengurangi ketidakpastian. Dalam kerangka menjalankan tugas yang telah gamblang didefinisikan, maka diperlukan koordinasi. Koordinasi ini tentu saja membutuhkan sharing informasi antar satu kelompok tugas dengan kelompok tugas lainnya. Selain itu, untuk menjalankan misi layanan tadi, diperlukan indikator kinerja yang harus terukur dilandaskan pada perencanaan yang matang. Untuk melakukannya, ada banyak tool yang bisa digunakan.

Setelah pemaparan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai topik layanan ini. Tidak terasa selama lebih dari 2 jam, acara berlangsung. Kemudian ditutup oleh Pa iyan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s