10 Big Things FSL ComLabs USDI-ITB (Bag-2, Tamat)

 

Sebelumnya telah dituliskan mengenai 5 point dari 10 Big things FSL ComLabs USDI-ITB. 5 poin tersebut meliputi latarbelakang tumbuhnya FSL yaitu dinamika TI yang tinggi, Keep upto date, sharing knowledge, dan perlunya komunitas, serta pengetahuan adalah free tapi upayanya tidak. Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya. Dengan tulisan ini diharapkan semangat FSL akan terus tumbuh walau generasinya terus berganti.

#6 : Well Organized

Ciri yang dicoba ditampilkan pada setiap FSL adalah standar pengelolaan. Pengelolaan merupakan upaya mengatur sumberdaya yang meliputi SDM dan Infrastruktur supaya secara efektif dan efisien bisa mencapai goal yang diinginkan. FSL dalam hal ini diupayakan menjadi kegiatan yang ‘well organized’. Semua tahapannya harus sudah secara jelas didefinisikan. Namun ada kalanya masih terjadi missed pada saat pelaksanaan. Hal tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan untuk dievaluasi demi perbaikan yang terus-menerus dijalankan.

#7 : Berkesinambungan

Ciri berikutnya dari sebuah program FSL adalah kontinyu dan berkesinambungan. Dalam prosesnya, FSL mengalami lika-liku yang cukup dinamik.Mulai dari gonjang-ganjing untuk membekukan program FSL, memodifikasi, mengupgrade, memprofesionalkan dan seterusnya. Tetap dalam gonjang-ganjing tersebut, ternyata FSL tetap bisa diselenggarakan. Tentu saja hal tersebut tidak lepas dari kerja keras dari stakeholder FSL yang berupaya untuk menjaga agar kegiatan FSL terus bertahan.

#8 : ComLabs dan Korps Asisten

Komponen utama dari terselenggaranya FSL ini adalah ComLabs dan Korps Asistennya. FSL tidak bisa lepas dari ComLabs dengan pemeran utamanya adalah insan-insan mahasiswa dari Korps Asisten yang berupaya eksis mengaktualisasi dirinya dengan memberikan kontribusi dan sharing kepada masyarakat dengan mengupayakan program berbagi pengetahuan dalam bidang teknologi informasi. Harapan yang muncul adalah dengan upaya setitik ini, bisa memberikan kontribusi yang luas untuk memasyarakatkan pemanfaatan teknologi informasi.

#9 : Bisnis Teknologi Informasi

Tidak lupa, bahwa dengan berkumpulnya orang-orang dalam FSL diharapkan membuka potensi untuk berbagi kebutuhan. Bisnis tidak lepas dari demand dan supply. Terjadinya bisnis apabila keduanya bisa saling bertemu untuk membahas spesifikasi masing-masing sehingga klop dan bisa sinergi. FSL ini merupakan forum dan media untuk masing-masing orang yang memiliki demand dan memiliki supply untuk bisa saling bertemu dan bertukar informasi.

#10 : Entrepreneurship

Hal tersebut di atas tentu saja akan membuka ladang entrepreneurship. Sehingga dari FSL terciptalah komunitas yang mandiri. Komunitas yang sanggup dan bisa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dari entitas anggota komunitas itu sendiri, serta pada saatnya dari komunitas tadi bisa muncul karya-karya yang bisa di-ekspor untuk memenuhi kebutuhan dari komunitas lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s