10 Big Things Free IT Saturday Lesson (FSL) ComLabs

 

Sudah hampir empat tahun, Free IT Saturday Lesson (FSL) mangkal di ComLabs USDI-ITB. Waktu yang cukup lama untuk sebuah program ‘free’ bisa berjalan mengingat lika-likunya yang cukup panjang serta berharga untuk dituliskan. Berawal dari sebuah ide untuk membangun masyarakat cerdas dalam bidang teknologi informais, FSL kemudian lahir dimotori oleh para mahasiswa yang tergabung dalam korps asisten ComLabs USDI-ITB. Konsep idealis ini kemudian lahir dalam bentuk mini-seminar, menampilkan narasumber yang memaparkan materi-materinya kemudian diiringi diskusi antar presenter dengan audiensnya dengan topik-topik yang beragam. Titik tolak FSL kemudian penulis rangkum menjadi 10 poin Penting FSL.

#1 : Dinamika Perkembangan Teknologi Informasi

Dari sudut pandang penulis, teknologi informasi terus berkembang menjadi satu alat yang memungkinkan orang-orang untuk bisa menyimpan data, membagikannya, serta membuat analisa mengenai data-data tersebut dalam format informasi yang visible. Perangkat tersebut mencakup infrastruktur network, perangkat, platform, dan software/aplikasi. Tahun 2000-an ketika penulis baru menyelesaikan kuliah sarjananya, perangkat yang digunakan masih terbatas pada computer dengan prosespr setara intel Pentium dengan RAM 64 MB, serta storage 40GB. Saat ini, penulis baru saja deploy server dengan prosesor dobel quad-core, RAM 32 00 MB serta storage 2000GB. Dalam kurun waktu hampir 10 tahun, dinamika IT demikan pesat. FSL merupakan wadah tepat untuk menjadi media untuk mensosialisasikan dinamika perkembangan tersebut dan impact-nya kepada khalayak.

#2 : Keep up to date

Perkembangan teknologi selalu berhubungan dengan SDM di belakang perkembangan tersebut. Untuk bisa menangkap maksud yang melatarbelakangi perkembangan teknologi tersebut, maka perlu diundang SDM-SDM dibalik layar perkembangan dan memberikannya kesempatan untuk bercerita mengenai pengalaman-pengalamannya dalam mengembangkan teknologi tersebut. Peran penting FSL dalam hal ini adalah mengundang dan menampilkan SDM-SDM tsb serta mengumpulkannya dengan segenap audiens yang bisa memperoleh manfaat dari kehadiran teknologi tersebut.

#3 : Berbagi Ilmu (Sharing Knowledge)

Setiap orang, merupakan pencipta pengetahuan baik yang bermanfaat untuk dirinya, ataupun pengetahuan yang bisa secara umum digunakan oleh khalayak. Peranpenting orang dalam hal tersebut adalah sebagai inisiator, inventor, ataupun operator dari teknologi hasil pengetahuan. Alangkah bermanfaatnya bila dengan media ini bisa terjadi semua orang dapat berkomunikasi sehingga proses berbagi ilmu bisa terjalin. Peran penting FSL adalah memfasilitasi terjadinya proses berbagi ilmu tersebut sehingga terjadi akselerasi perkembangan ilmu.

#4 : Komunitas adalah Perlu

Salah satu bentuk melestarikan ilmu adalah dengan menyediakan lingkungan/environment yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya ilmu tersebut. Salah satu bentuk lingkungan ini adalah adanya komunitas/social yang bisa membuat bibit ilmu ditebar, disemai, dipelihara, serta suatu saat nanti bisa panen ilmu. Tujuan FSL salah satunya adalah membina komunitas sehingga ilmu di bidang teknologi informasi ini bisa memiliki massa yang cukup untuk bisa terus berkembang serta suatu saat bisa dipanen dalam bentuk tersedianya teknologi-teknologi baru berupa penemuan-penemuan baru atau juga hasil perkawinan silang antar-teknologi.

#5 : Pengetahuan adalah Gratis, Usahanya Tidak!

Internet dewasa ini menyediakan informasi-informasi yang berlimpah serta gratis. Siapapun orangnya, darimanapun asalnya, semuanya dapat melihat dan mengakses ke informasi-informasi yang dimunculkan di internet. Semua informasi itu adalah gratis. Tidak ada satu tempat pun yang berani untuk melakukan ‘charging’ atas informasi-informasi yang disediakan di internet. Tetapi upaya untuk mendapatkan informasi tersebut tidak gratis. Alias seseorang harus mengeluarkan uangnya untuk beli netbook beserta modemnya, serta iuran bulanan untuk bisa akses internet. Hal ini perlu untuk menjadikan pertimbangan kontinuitas serta sustainabilitas kegiatan FSL. Saat ini usaha-usaha mengupayakan FSL tetap gratis terus dilakukan. Semoga usaha-usaha tersebut bisa sukses sehingga FSL bisa tetap berjalan dan menjadi media knowledge transfer yang berkualitas tetapi tetap open dan free untuk semua khalayak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s