Windows 7, Google Wave, Microsoft IT Academy, KIB II

Bulan Oktober dah hampir lewat. Sekedar berbagi, di Bulan Oktober ini, ada banyak hal yang terjadi yang secara langsung atau tidak langsung cukup mempengaruhi terkait dengan tugas-tugas yang kukerjakan. Beberapa diantaranya adalah Windows 7, Google Wave, Microsoft IT Academy, KIBII.

Dimulai dengan awal minggu kemarin, kami mendapat kiriman Windows 7 DVD. Sehingga mulailah era 7-isasi di-office-ku. Kalau lihat background-nya, dah hampir 4-5 tahun lalu era XP-isasi. Setelah sekian lama, komputer kemudian menjadi rentan dengan beragam serangan virus, trojan dan sejenisnya. Ketika Vista di-luncurkan, setelah diamati ternyata kemampuan hardware tidak terlalu mendukung untuk melakukan program Vista-isasi. Namun dengan adanya Windows 7, sepertinya layak untuk diujicoba-kan untuk menggantikan OS std dari XP ke 7. Sebelum nantinya menemukan OS opensource yang layak untuk dipertimbangkan menggantikan Microsoft OS. Yup.. era 7 akan dimulai di ComLabs. All staff diminta untuk support menyiapkan proses migrasinya secara bertahap sehingga thn 2010, mudah-mudahan XP tinggal jadi kenangan.

Seiring dengan masuknya 7 ke office-ku. penasaran dengan program M-ITA (Microsoft IT Academy), kucoba eksplorasi full program dan proyeksinya kedepan. Lumayan, banyak hal yang bisa diperoleh untuk kemudian membuat rancangan blended learning untuk materi Microsoft. Beberapa tim, kucoba libatkan untuk mengakselerasi peluncuran program ini. Tentu saja dengan harapan bisa memberikan banyak benefit bagi segenap civitas akademika di ITB.

Ditambah lagi, hari ini, 25 Okt 09, email dari google wave masuk ke e-mailku. Dituliskannya, bhw akun google wave-ku dah aktif. Sudah sekitar 2 minggu lalu, aku coba registrasi untuk memperoleh akun tsb. Bukan apa-apa, beberapa hal perlu untuk saya eksplorasi dari aplikasi ini. Terutama fitur-fitur baru yang disediakannya. Mudah-mudahan saja tercetus ide untuk mengembangkan sistem yang di-support oleh google wave. Jadinya, mulai hari ini, mulailah daku mengeksplorasi google wave, satu bentuk social apps yang katanya akan menyaingi FB.

Mengenang sedikit kebelakang, KIB II dah dilantik. Hopefully, bisa membawa perubahan yang membawa kepada dinamika perbaikan bangsa. Saya sendiri cenderung agak pesimis, lihat rekam jejak sebelumnya serta kelambanan proses dalam menghadapi beberapa event yang terjadi akhir-akhir ini. Tapi kenapa tidak, kita tidak boleh berhenti untuk berharap… Good Luck all KIB II, wish you have good performance which the nation need!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s