Masih tentang SEO Blended Learning ITB

Masih menjadi sorotan saya terkait dengan upaya ujicoba alias testing untuk SEO atau Search Engine Optimisation situs yang saat ini sedang saya pantau saat ini, Blended learning. Apabila berhasil, maka model tersebut akan diterapkan dalam lingkungan yang lebih luas.

Situs Blended Learning merupakan salah satu situs yang hit-nya diprediksi akan paling tinggi di lingkungan Institut Teknologi Bandung. Mahasiswa atau pun dosen akan selalu akses ke situs ini baik dari dalam kampus ataupun dari luar. Fungsi situs ini sebagai pintu gerbang ke perkuliahan blended di ITB, menjadi alasan tingginya akses ke situs ini.

Sebagai upaya meningkatkan visibilitas situs itb.ac.id, maka beberapa langkah SEO dilakukan. Setelah beberapa waktu masih diurutan yang tidak patut diperhitungkan, saat ini situs blended learning ITB mulai menunjukkan peningkatan yang lumayan signifikan. Dengan menggunakan mesin pencari googe, dengan kata kunci yang dituliskan : blended learning itb, maka situs ini akan muncul pertama. Padahal sebelumnya, malah tulisan dari blog yang muncul pertama kali. Demikian juga saat dituliskan : blended learning, urutan situs ini mulai merangkak naik sampai ke urutan 7 di google.

Besar harapan saya, situs ini bisa menjadi situs urutan pertama untuk kata kunci blended learning. Dan langkah-langkah yang dilakukan pun bisa dijadikan sebagai standar search engine optimisation untuk situs-situs lain di ITB.

blendedlearning itb 1

gambar 1 pencarian untuk kata kunci : blended learning

blendedlearning itb 2

gambar 2 pencarian dengan kata kunci : blended learning itb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s