ATLAS – Orientasi Teknologi, Layanan dan Sistem Informasi di ITB

Sekitar 4000 lebih mahasiswa telah diterima di Institut Teknologi Bandung. Semuanya akan memasuki babak kehidupan baru, selama kurang lebih 2 s.d 4 tahun beredar di ITB untuk menjalani proses menjadi mahasiswa. Hal yang sama aku alami kurang lebih sepuluh tahun lalu saat kami mulai menjalani prosesi penerimaan mahasiswa baru.

Keadaan jaman dulu sungguh berbeda. Pada saat itu, komputer dan internet belumlah seperti sekarang. Orientasi mahasiswa pun topiknya adalah penataran P4 yang lebih menekankan pada pemahaman terhadap pancasila sebagai basis norma yang perlu untuk dilakoni mahasiswa.

Di tahun 2009 ini, komputer dan internet sudah menjadi satu kebutuhan bahkan mendamping masing-masing mahasiswa dalam kehidupan kampusnya. Satu hal yang dulu belumlah terbayangkan, dimana saat ini, mahasiswa selalu menenteng laptop atau memasukkannya di dalam backpack yang mereka bawa kemana-mana. Padahal jaman dulu masing-masing biasanya membawa textbook sebagai bahan bacaannya.

Pemahaman mengenai kehidupan kampus yang serba menggunakan komputer dan internet ini perlu diperkenalkan kepada mahasiswa. Institusi bertanggung jawab untuk memberikan pengarahan, tata cara pengunaan, pemakaian layanan dan lainnya. Hal tersebut barangkali belumlah terbayangkan oleh sebagian besar institusi pendidikan di Indonesia.

Sejak tahun 2000, ComLabs a.k.a Labkomputer TPB sudah mulai menyelenggarakan orientasi TIK bagi mahasiswa baru di ITB. saya dan rekan-rekan lainnya melanjutkan tradisi tersebut dengan menjadi arsitek kegiatan workshop teknologi informasi dan komunikasi (WTIK).

Jumlah peserta yang sangat banyak, mencapai ribuan orang, jumlah perangkat yang terbatas (kelas, komputer, dan internet) menjadi constraint dari penyelenggaraan kegiatan tersebut. Belum lagi konten workshop yang harus dibuat dinamik untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi itu sendiri.

Pada tahun 2009 ini, WTIK atau workshop teknologi informasi dan komunikasi akan dijalankan dengan format yang agak berbeda. Namanya pun diganti menjadi orientAsi Teknologi, LAyanan, dan Sistem Informasi dan komunikasi ITB 2009 disingkat dengan ATLAS yang juga bisa bermakna ‘peta’. Dengan program ini, seluruh mahasiswa baru diharapkan dapat langsung berperan dan berkiprah menjadi mahasiswa yang paham posisi pemanfaatan teknologi untuk menunjang perkuliahannya. Acaranya sendiri dimulai pada tanggal 12 Agustus 2009 sampai awal September 2009.

Berkait dengan itu, gambaran umum materi kemudian disusun dengan roadmap-nya. Panitia pun kemudian dibentuk dari para mahasiswa yang tergabung dalam Asisten Comlabs. Panitia ini terdiri dari divisi materi, divisi acara, dan logistik.

Strategi penjadwalan peserta pun dibuat dengan sedikit berbeda. Jumlah peserta yang banyak tentu saja memerlukan penangan khusus sehingga materi bisa tersampaikan dengan baik. Terutama dari sisi adanya pendamping yang memudahkan bagi peserta dalam memahami apa saja materi yang disampaikan.

Bagi ComLabs sendiri, sebenarnya bukan merupakan hal yang baru menangani jumlah peserta yang banyak. Mengingat telah terbukti secara profesional bisa menangani kegiatan-kegiatan berskala nasional dan sekarang sedang menjajaki menyiapkan kegiatan-kegiatan regional. Namun untuk setiap kegiatan biasanya selalu ada tantangan tersendiri.

Mudah-mudahan model kegiatan ATLAS ini bisa menjadi pola percepatan pemahanan dan memberikan wawasan pemanfaatan TIK di kampus-kampus sehingga semua program penerapan TIK bisa sukses bermula dari lingkungan pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s