Antara Learning & Thinking

Learning merupakan proses untuk mencari suatu solusi dari sesuatu yang sudah pernah eksis atau sudah ada. Proses learning dilakukan dengan tatap muka, melalui kelas atau bertemu dengan narasumber, atau mempelajari dari buku, dan melakukan pencarian di google. Membaca merupakan gerbang pembelajaran yang dilakukan hingga goalnya bisa tercapai.

Thinking merupakan proses untuk mencari sesuatu yang bisa jadi belum pernah ada. Prosesnya ini bisa tiba-tiba, bisa juga dirancang dulu. Proses thinking ini umumny berawal dari kompleksitas yang kemudian secara sistematis diuraikan dengan menggunakan pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh duluan, membangun sesuatu yang ‘bisa jadi’ baru.

Manusia dalam hal ini, diberikan ‘daya’ atau ‘kuasa’ untuk melakukan keduanya yaitu learning dan thinking. Bahkan proses melakukan kedua hal tersebut bisa dikatakan tidak terbatasi jarak,ruang,dan waktu. Impact-nya, manusia sebenarnya dihadapkan pada peluang untuk menjadi sesuatu yang lebih baik dengan learning dan thinking.

Keduanya barangkali saling terkait. Karena proses learning biasanya didului oleh thinking. Tetapi kekuatannya memang sedikit berbeda. Yang satu adalah menelusuri sesuatu yang barangkali sudah ada dan sudah pernah dilakukan. Satu lagi, merupakan proses abstraksi untuk sesuatu yang bahkan belum pernah ada.

So, let’s just do it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s