Antara IBM System X3100 dan X3400

Beberapa bulan lalu, saya diminta untuk mengeluarkan spesifikasi pengadaan server untuk dipakai di kantor. Dalam waktu yang sangat singkat, spek itu harus dibuat dan akan langsung diajukan ke bagian inventory. Secepat kilat pula semua referensi di internet saya buka. Tentu saja harus dilakukan benchmarking terutama yang paling sensitif adalah bagian harga. Seingat saya beberap hari sebelumnya, rekan saya dikantor telah memberikan spesifikasi server IBM System X3100 untuk produk yang pertama (saat itu kita memang akan pesan 2 unit). Karena beberapa hal, akhirnya saya tuliskan spek IBM System X3400.

Bulan Februari kemarin, barang-barang yang dipesan itu telah dikirim oleh vendor melalui bagian Inventori. Setelah dikirimkan ke kantor. Alamak.. ternyata IBM System X3400 jauh sekali spek-nya dibandingkan dengan X3100. Dari sisi size-nya saja, X3400 jauh lebih besar. Tentu saja efeknya ke penggunaan daya, space, dan lainnya. Untung saja, di Kantor telah tersedia ruang datacenter yang pasti bisa menampung server segede itu. Sambil senyum-senyum kecil, saya cek kondisi kedua server itu. Dan seperti biasa, dalam dua hari, kedua server itu harus sudah up ad running.

Sebelum nulis, catatan kecil ini, saya coba untuk lihat-lihat di web, barangkali ada OS yang optimal diperuntukkan untuk kedua jenis server ini.

Leave a Reply

