Samarinda, Here I Come [1]

Samarinda, 13 Januari 2009

Perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda ditempuh dengan jalur darat selama kurang lebih 2 jam. Jalanan sangat enak untuk ditempuh karena hampir seluruh rute sudah diaspal dengan baik, kemudian jalan juga lurus serta kepadatan lalu-lintas tidak seperti jalur solo-semarang, bandung-jakarta, atau jakarta-merak. Di jalan antara Balikpapan – Samarinda ini, pengendara bisa memacu kendaraannya atau bisa juga jalan standar.

Kondisi mulai berubah saat masuk ke kawasan Bukit Soeharto. Kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung dengan pohon-pohon yang lumayan cukup lebat. Pohon ini adalah hasil dari reboisasi hutan yang dilakukan di era Soeharto. Kondisi jalannya sudah mulai berkelok-kelok. Benchmarkingnya seperti jalur Tomo Sumedang smp Kadipaten, atau jalur Wonosobo – Semarang. Bagi pengemudi, jalur-jalur ini cukup menjadi jalur yang cukup menantang. Apalagi bila di lalui malam hari.

Sekedar untuk melepaskan lelah, kami istirahat di sebuah rumah makan di atas kolam. Modelnya seperti warung makan Sindang reret yang memiliki tempat makan di atas kolam-kolam ikan. Menu makannya juga tidak jauh berbeda dengan kondisi di Jawa. Ada ayam goreng atau bakar, Ikan goreng atau bakar, ditambah dengan lalaban yang cukup dikenal.

Yang sedikit mengherankan adalah tersedianya Tahu Sumedang di jalur antara Balikpapan – Samarinda ini. Keheranannya bertambah saat tahu pedagangnya juga orang Garut. Serta makanan ini cukup diminati juga oleh segenap traveler. Baik itu orang yang tinggal di sini atau juga yang cuma sekedar berkunjung.

Sekitar pukul 16 waktu setempat, akhirnya kita mulai masuk ke daerah Samarinda. Sebelum masuk ke penginapan, kami mampir dulu ke lokasi tempat acara besok dilaksanakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s