Workshop Knowledge Sharing & Dissemination INHERENT K1 ITB 2008

23 Desember 2008

Kegiatan Workshop Knowledge Sharing Institut Teknologi Bandung dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 23 Desember 2008 di Ruang Seminar Multimedia dan RPS1,RPS2 ComLabs USDI-ITB mulai pukul 09.00 s.d 16.30. Keseluruhan kegiatan yang berlangsung merupakan rangkaian dari kegiatan INHERENT K-1 ITB Pengembangan Program Kemitraan untuk Pembelajaran jarak Jauh menggunakan e-Learning. Acara yang berlangsung meriah dan ramai ini dihadiri oleh 63 wakil universitas di seluruh Indonesia.

Pembicara yang dihadirkan pada acara ini antara lain  Affan Basalamah yang memaparkan mengenai konsep jaringan INHERENT, dilanjutkan dengan Novriana Sumarti, PhD koordinator program Kemitraan untuk mata kuliah Persamaan Differensial dari FMIPA ITB, Ivonne M. Radjawane,M.Si.,Ph.D. dari FITB, Dwilarso, PhD dari SBM ITB, serta Dwi Hendratmo, PhD dari STEI ITB yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Pembelajaran Jarak Jauh (PPJJ) ITB. Acara kemudian dilanjutkan dengan workshop yang dipandu oleh tim dari ComLabs USDI-ITB yang memaparkan mengenai penggunaan Learning Management System (LMS) dengan menggunakan tool Moodle untuk Desktop, yang disebut ComLabs Learning, dan Pembuatan Konten Bahan Ajar dengan menggunakan Microsoft Producer.

Berbagi pengalaman
Acara yang dibawakan oleh Sobari dari ComLabs USDI-ITB dengan moderatornya Arief Bahtiar memaparkan mengenai pengalaman penyelenggaraan kuliah bersama antara dosen-dosen Institut Teknologi Bandung dengan dosen-dosen mitranya dari universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemodelan Oseanografi I diselenggarakan dengan Fisika Universitas Bengkulu, Interaksi Manusia dan Komputer diselenggarakan dengan Teknik Informatika UIN SUSKA, Manajemen Teknologi dengan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya, Persamaan Differensial dengan Matematika Universitas Airlangga, dan Teknik Keselamatan Kerja dengan Teknik Industri Universitas Pattimura.

Inisiasi kerjasama, landasan yang melatarbelakangi, perancangan program pembelajaran, penyelenggaraan, dan evaluasi disampaikan oleh masing-masing pembicara. Kerjasama penyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dilatarbelakangi oleh kebutuhan dari universitas mitra serta kesediaan untuk menyelenggarakan aktivitas bersama-sama. Kegiatan kemudian dirancang oleh tim dari dosen Institut Teknologi Bandung meliputi penyiapan silabus konten pembelajaran yang dilanjutkan dengan penyelenggaraan perkuliahan bersama-sama dan diakhiri dengan evaluasi kegiatan.

Dengan kemitraan yang dilakukan diharapkan terwujud kolaborasi antara dosen-dosen mata kuliah sehingga tercipta proses saling transfer pengetahuan dan metode pengajaran antar institusi yang mengarah kepada terciptanya standarisasi proses pengajaran serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal.

Di bagian akhir acara dilakukan diskusi dan tanya jawab antar peserta dengan masing-masing narasumber terkait dengan pelaksanaan, kendala yang dihadapi serta solusi-solusinya. Acara ditutup pada pukul 16.30.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s