My Pisita Anyer Resort : Acara Kebersamaan Staf ComLabs USDI-ITB

29-30 November 2008

Di penghujung akhir tahun, agenda penutup ComLabs USDI-ITB di tahun 2008 berlangsung dengan cukup meriah. Segenap staf berkumpul di My Pisita Anyer Resort. Segenap staf yang setiap hari berkutat dengan aktivitas rutin yang padat, melayani beragam civitas akademika ITB dengan layanan-layanannya yang beragam, menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lingkup nasional, menyambut tamu dari kalangan akademik, korporasi, dan pemerintahan selama tahun 2008 akhirnya bisa berkumpul untuk mempersiapkan agenda-agenda yang akan dijalankan di tahun 2009. Acara dimulai hari Senin 29 Desember 2008 pukul 06 pagi, berkumpul di ComLabs kemudian dengan menggunakan mobil-mobil pinjaman, perjalanan pun dimulai menuju ke jakarta, dilanjutkan ke arah Cilegon. Akhirnya tiba di Pisita Anyer Resort, pukul 13.00 setelah masing-masing kendaraan keliling-keliling dulu, ada yang masuk ke Soekarno-Hattan, ada yang di Ancol, ada yang di sekitar Kebonjeruk.. Perjalanan ini diikuti oleh sekitar 18 orang peserta.

Acara pembukaan dilakukan di RM Ikan Ujung Pandang. Rumah makan ini merupakan rumah makan sederhana yang berlokasi kurang lebih 300m dari Pisita. Walaupun berujung dengan sedikit kekecewaan karena layanannya yang jauh dari ekspektasi, tetapi acara tetap semarak dengan beragam intermezzo yang disampaikan oleh pa iyan terkait dengan analisa beragam daerah wisata pantai seperti Bali, Pangandaran, dan Anyer. Intermezzo selanjutnya dilakukan oleh Arief yang mengemukakan mengenai hikmah dibalik salah jalur di tol Jakarta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing yang dilakukan di penginapan staf di jl Bunaken IV/5 kawasan Pisita Resort. Sharing pertama disampaikan oleh pa iyan mengenai training 600rb di RM Ikan Ujung Pandang terkait dengan services. ComLabs harus bayar 30 rb/orang untuk 18 orang dengan makanannya cuma nasi dan sambel doang. Waktu tunggunya pun sampai 2 jam untuk berhasil menyantapnya. Even ini tidak disia-siakan dan dijadikan sebagai studi kasus services. Harapannya adalah dengan studi kasus tersebut, diharapkan bisa jadi pembelajaran bagi ComLabs sebagai organisasi yang bergerak di bidang jasa layanan.

Pagi harinya, acara dilanjutkan dengan kegiatan olahraga bersama. Beberapa staf bersama-sama main futsal. Lainnya ada yang jalan-jalan di pantai. Ada juga yang turut berenang untuk sekedar menyegarkan badan. Permainan-permainan yang dilakukan lumaya cukup meregangkan otot serta menyegarkan badan, sekaligus juga untuk menjadi bahan hiburan yang membuat segenap kontributor dapat tertawa-tawa.

Acara kemudian ditutup pada pukul 12:23. Pa iyan memberikan arahan-arahan mengenai pola layanan yang akan dilakukan di ComLabs USDI-ITB di tahun 2008. Terutama terkait dengan ‘Service Excellence’ yang terus-menerus akan diimplementasikan di organisasi services tersebut. ComLabs sendiri dideklarasikan sebagai Information Technology Services in ITB sejak tahun 2002 oleh founder-nya, Helmi Himawan. Tulisan tersebut kemudian mengakar menjadi bagian dari logo ComLabs yang dirancang oleh Bayu Syerli serta disempurnakan oleh Rahmat Mulyana. Sampai dengan saat ini, citra tersebut terus disiarkan dalam format riil. Walau dengan banyak kekurangan dari sana-sini, citra IT Service in ITB mulai tumbuh dan mengembang.

Segenap staf ComLabs kemudian beranjak dari Pisita Anyer Resort untuk kembali ke Bandung. Pada pukul 18.30, rombongan sudah tiba kembali di kampus ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s