Rp 10.500 untuk Browsing 75 menit

Ehmm.. seingatku, ada kartu IM3 yang masih bersisa 10.500 yang bisa dipakai. Kalau untuk sms-an, pake IM3 sebenarnya sudah berpuluh-puluh orang yang bakal dapat pesan singkat dari saya.

Eh, malah akhirnya saya pake kartu tersebut untuk testing huawei e220 yang masih belum aktif kartunya. Akhirnya, internet-internetan lah saya dengan menggunakan kartu tersebut. Kurang lebih kecepatan aksesnya cuma 56 Kbps, say buka beberapa situs yang sering saya buka di kampus. Lumayan berat. Keluarnya putus-putus dan kadang-kadang ‘hold’ tidak terbuka sama sekali. Memang kecepatan akses segitu, untuk layanan konten sekarang ini sepertinya ‘jauh dari memadai’.

Setelah merasa puas testing, komputernya dimatikan kemudian saya pun beranjak ke peraduan. Besok paginya, sambil menulis proposal riset, saya coba lagi buka internetannya. Selang beberapa saat, connection-nya ‘failed’. Ternyata pulsanya dah habis. Kalau dihitung-hitung pulsa 10.750 itu hanya cukup untuk 75 menit. Bayangkan, kalau saya browsing di kampus, 75 menit itu sudah download file bermega-mega. Pake kartu ini, untuk akses web biasa pun penuh perjuangan.

Sepertinya memang di negara ini, bandwidth itu masih jadi barang mahal. Padahal kita bisa membayangkan betapa biaya produksi bisa ditekan, apabila tersedia bandwidth yang memadai. Hitungkan saja, kalau kita sms-an berkali-kali, dibandingkan dengan e-mail sekali. Tentu saja, akan banyak dokumen yang bisa dikirimkan dalam waktu cepat tanpa harus print, jilid, kirim, dll-nya.

Hopefully sih, bapak-bapak kita yang di atas mulai aware untuk mempersiapkan infrastruktur perekonomian yang memadai. Sehingga kita, rakyatnya bisa lebih kreatif dan produktif memanfaatkannya sehingga menjadi devisa untuk menambah rasa percaya diri bangsa ini, saat uang kita semakin turun nilainya.

One thought on “Rp 10.500 untuk Browsing 75 menit

Leave a Reply

