Indonesia Local Area Network (Ind-LAN)

Pas buka-buka alexa pagi ini, urutan website di Indonesia sebagai berikut :  yahoo, google.co.id, frienster, google,b logger.com. Tiba-tiba saja terpikirkan, bagaimana caranya supaya jalur koneksi kita yang padat adalah jalur koneksi intern Indonesia sendiri (IIX, Indonesian Internet Exchange) dan yang banyak berperan adalah ISP-ISP lokal dengan pemegang jaringan network lokal kita sendiri. Sepertinya dampaknya adalah ke berbondong-bondongnya penawaran dari ISP asing untuk menjalin kerjasama, atau bahkan membuka kantor di Indonesia. Lumayan ‘kan devisa lagi bagi bangsa kita yang sangat irit pemasukan valasnya.

Modelnya bisa jadi adalah ITB sendiri. Saat ini kita sedang mensosialisasikan lokal konten, menggunakan lokal server. Targetnya adalah penguatan komunitas lokal sehingga dapat memanfaatkan backbone lokal sehingga akan menghemat pemanfaatan bandwidth yang saat ini malah semakin boros aja. Tentu saja, langkah-langkah yang dilakukan adalah penyadaran, penguatan services, menstabilkan backbone, menyiapkan helpdesk, dan lainnya. Dan ternyata program-program tersebut membutuhkan usaha tersendiri yang tidak mudah. Walaupun beberapa di antaranya telah menemukan titik terangnya.

Ingin rasanya untuk mendetilkan masing-masing program tersebut. Mungkin di saat berikutnya aja ya. Sebagai penutup, kita bisa bayangkan, apabila semua kebutuhan pengguna internet telah tersedia ‘locally’. Sepertinya ISP tidak perlu investasi lebih dalam menyediakan bandwidth yang besar hanya untuk melihat berita, menemukan komunitas, social networking dan lain-lainnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s