Ber-SMS ria menggunakan Bluetooth

Ceritanya, saya kadang pegel kalau terus-terusan sms-an pake HP. Padahal HP yang saya pake, LGKG300 dah ada bluetoothnya. Demikian juga laptop yang saya pake A8E Series juga ada bluetoothnya. Saya berpikir, bagaimana supaya tanpa perlu colok kabel usb, saya tetep bisa sms-an. Yaitu memakai HP-ku sebagai modem GSM untuk bisa kirim dan terima SMS.

Alhasil, akhirnya bisa juga saya pake semua fitur yang ada di gadget tersebut untuk berkomunikasi. Lumayan, kl sekarang, saya bisa tetep komunikasi walau sedang mengerjakan tugas-tugas harian menggunakan kompie saya bukan hanya saat pake laptop tapi juga waktu di rumah, main sama si kecil haikal.

Kurang lebih untuk bisa ber-sms ria pake bluetooth, persiapkanlah gadget anda.

  1. Komputer dengan bluetooth adapter,
  2. HP dengan koneksi bluetooth
  3. Aplikasi sms (bisa sms-it, atau develop sendiri pake Java)

Setelah siap semua, lakukan konfigurasi di masing-masing perangkat, yaitu konfigurasi komputer supaya mengenali bluetooth dari HP, perhatikan gambar berikut.

snapshot1.jpg

Setelah itu, install-kan aplikasi sms yang akan dipakai (misalkan SMS-it).  set aplikasi ini supaya bisa berkomunikasi dengan HP. Hal yang penting adalah mengatur port comm-nya supaya bisa membaca HP. lebih detil bisa melihat snapshot terlampir.

snapshot2.jpg

Setelah itu, lakukan ‘peering’ antara komputer dengan HP. apabila keduanya sudah terkoneksi, coba kirimkan sms dari komputer dengan aplikasi sms  di atas. Hasilnya, anda tidak perlu bersusah payah lagi menuliskan pesan dari HP saat bekerja dengan komputer Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s