Workshop Perpustakaan Digital bagi Pengelola Perpustakaan

Perpustakaan merupakan intansi yang patut menjadi prioritas pengembangan. Di perpustakaan, tempat berkumpulnya beragam knowledge yang pasti akan memberikan manfaat untuk tumbuh kembangkan ilmu pengetahuan.

Hari ini tanggal 20 Oktober 2008, saya di berikan tugas menjadi instruktur untuk workshop perpustakaan digital. Materinya simple yaitu Implementasi ICT di Institusi Pendidikan. Tempat pelaksanaannya di Lt 2 Perpustakaan Pusat ITB. Pesertanya cukup banyak, sekitar 90 orang yang berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Terkait dengan materi, bahan presentasi bisa diminta via e-mail. Silakan kontak saya, bila memerlukan. Tapi yang pokok yang disampaikan adalah peranan knowledge untuk memberikan added value kepada segenap insan. Bukankah pada jaman dulu, semua manusia sama-sama tidak tahunya. Tapi ternyata setelah sekian lama, ada orang yang berhasil membuat sesuatu. Misalnya saja membuat mobil, motor, pesawat, televisi dan lainnya. Bahkan ada orang juga yang mampu untuk membuatkan pabrik mobil, motor, pesawat, dan lainnya. Berarti ada knowledge personal yang ditransfer menjadi knowledge corporate.

Proses transfer knowledge ini tentu saja membutuhkan media transfer. ICT di sini berperan. Dimana saat ini, kita bisa menjadi master google untuk membantu kita memecahkan persoalan yang dihadapi serta membangun knowledge yang baru yang juga nantinya bisa kita transfer menjadi corporate knowledge, community knowledge, people knowledge bahkan mankind knowledge. How dare we try?

oleh-olehnya terlampir foto yang kuambil via my-KG300. :D

IMG0341A640x480

Gambar di atas adalah suasana pelatihan di lantai 2 Perpustakaan Pusat ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s