Hasil Jepretan HP LG-KG300

Saya sedang mendemo ‘kan konsep capturing knowledge dengan memanfaatkan perangkat digital. Perangkat yang saya pakai,

  1. Kamera dari HP LG-KG300
  2. Laptop A8E Series
  3. Koneksi Internet menggunakan wifi
  4. Blog-ku di ariefbb.wordpress.com

Objek demo adalah situasi kantor di tempat ku bekerja. Dengan lebih spesifika objek yang di-jepret adalah sebuah pemanas air. Hasilnya adalah sebagai berikut.

IMG0334A

Bisa diamati, bahwa proses knowledge creation saat ini sudah jauh lebih mudah dibandingkan dengan jaman saya dulu sekolah. Langkah selanjutnya adalah menjelaskan bagaimana proses pemanas yang ada di gambar di atas bekerja. Mulai dari koneksitas listrik, elemen pemanas, kemudian rangkaian yang digunakan sampai dengan air dari gallon bisa mendidih dan dikeluarkan melalu kran sampai ke gelas dan berhasil kita minum.

Materi ini akan saya sampaik di Workshop Perpustakaan Digital di Perpustakaan Pusat ITB dengan topik Pemanfaatan ICT di Institusi Pendidikan. Barangkali materi yang saya buat ini dapat memberikan breakthrough bagaimana perangkat digital yang ada di kantong saku dapat dimanfaatkan untuk knowledge creation yang sangat penting dalam dunia pendidikan.

Leave a Reply

