Vector Linux #6 Jelajahi Dunia dengan Internet

INTERNET DAN EMAIL

BROWSING DI VECTOR LINUX

Beragam browser boleh anda pilih untuk berselancar sesuka hati

Internet merupakan dunia informasi yang sudah tidak bisa kita abaikan. Akses email, membuat diari online dengan weblog, berbagi file lintas area, berbagi foto atau gambar digital, berkawan dalam friendster, chatting lintas benua merupakan aktivitas yang umum kita jumpai pada segenap netter di seantero dunia.

Vector Linux Edu, menyediakan beragam tool yang bisa anda gunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Misalkan ada Mozilla, Firefox, Dillo, Opera, untuk berselancar lintas dunia maya, atau Sylpheed untuk akses email, gFTP untuk akses file, gaim & xChat untuk chatting, xPDF untuk membaca file PDF, dan banyak ragam aplikasi lainnya.

Ragam Browser

A. Firefox

 

Untuk menjalankan firefox, Anda klik [Vector] [Internet] pilih [Firefox]. Atau browser ini bisa juga anda akses dari desktop dengan mengklik ikon [firefox] pada desktop dan toolbar. Browser mozilla firefox merupakan browser yang banyak digunakan para netter. Hal tersebut ditunjang dengan tampilan mozilla firefox yang mudah untuk digunakan. Untuk mengakses internet ketik alamat internet pada kolom ‘Address’.

Dengan fitur pencarian google yang dimilikinya, kita bisa langsung mengetik kata kunci yang ingin di cari di internet. Mesin google akan secara otomatis mencarikannya untuk Anda.

B. Opera

Browser jenis lain yang tersedia secara default pada Vector Linux adalah Opera. Untuk menjalankan Opera, klik [Vector] [Internet] pilih [Firefox]

 

C. Dillo

Anda bisa juga menjadikan browser Dillo menjadi alternatif tool yang digunakan untuk mengakses internet. Klik [Vector] [Internet] pilih [Dillo] untuk menjalankan browser ini.

 

Mengakses Internet

Setelah anda terkoneksi dengan suatu jaringan, baik dengan menggunakan modem (koneksi dial-up) atau dengan menggunakan jaringan lokal (LAN) ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi. Berikut adalah cara mengeset browser mozilla firefox.

1. Jalankan Mozilla Firefox,

2. Klik menu [Edit] [Preferences] akan tampil jendela Firefox Preferences

 

3. Untuk mengatur web yang tampil saat firefox dijalankan, tuliskan alamat web pada kolom [Location(s)]

4. Klik [Connection Settings…] untuk mengkonfigurasi akses internet

 

5. Centangi [Direct connection to the internet] bila anda menggunakan akses internet menggunakan modem (dial up)

6. Bila anda mengakses internet menggunakan proxy, maka centangi [Manual proxy configuration]

7. ketik alamat HTTP proxy lengkap dengan portnya

8. Bila ada situs yang bisa diakses tanpa proxy, isi kolom [No proxy for]. Untuk menuliskan beberapa situs, tuliskan namanya dengan dipisahkan koma (,)

9. Klik [OK]

Mengakses Internet

1. Ketik alamat pada kolom ‘address’

2. klik [Enter]

 

INTERNET & EMAIL

MENCARI DENGAN GOOGLE

Mencari yang kita cari di internet seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. serahkan pada google untuk pencarian yang super cepat.

Google memiliki kemampuan yang luar biasa dalam hal pencarian. Dalam jangkauan waktu sepersekian detik Google dapat melakukan pencarian untuk suatu kata kunci yang kita masukkan dan segera menampilkan ratusan ribu bahkan mungkin jutaan hasil dari database yang disediakannya.

Namun ternyata, bukan hanya pencarian yang dimiliki google. Ada banyak fitur yang disediakan untuk Anda gunakan. Selamat mencari …

Menjalankan Google

1. Jalankan browser, dengan mengklik [Vector] [Internet] [Firefox]

2. Ketik pada kolom address, http://www.google.com

 

3. Ketikkan kata kunci file yang dicari.

4. Klik [Google Search] atau klik [Enter] untuk memulai pencarian

 

Beberapa poin yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keakuratan Google antara lain,

1. gunakan operator plus (+) untuk mengikutsertakan suatu kata kunci dalampencarian anda, misalkan untuk mencari factory outlet di bandung ketikkan : “factory outlet +bandung” pada kolom pencarian

2. gunakan operator minus (-) untuk tidak mengikutsertakan suatu kata kunci dalam pencarian. misalkan untuk melakukan pencarian selain di bandung, ketikkan pada kolom pencarian : “factory outlet -bandung”

3. operator AND secara default menjadi mode pencarian pada google. misalkan kita ingin mencari dengan kata kunci “vector linux” maka secara otomatis google akan mencari “vector AND linux”.

4. operator OR dapat digunakan untuk melakukan pencarian dengan mengikutsertakan beberapa kata kunci. ketik :”vector OR linux” untuk menampilkan hasil pencarian yang berkaitan dengan “vector” atau “linux”.

5. Tanda kutip (“ “) digunakan untuk mencari kata kunci dalam bentuk frase, misalkan kita ingin mencari kata kunci frase bunga mawar maka kita tuliskan pada kolom pencarian : “bunga mawar”

6. Bila anda ingin mencari situs yang berkaitan dengan situs tertentu maka kita bisa menggunakan operator “related”. Misalkan kita ingin mencari situs yang berkaitan dengan google,maka kaita bisa tuliskan : “related: www.google.com

7. Informasi yang google ketahui tentang sesuatu bisa kita cari dengan cara mengetikkan kata kunci “info” misal : “info:www.vectorlinux.com” maka google akan menampilkan info yang dimilikinya tentang website tersebut

8. Bila ingin membatasi pencarian pada suatu situs tertentu, kita dapat menggunakan operator “site”. Tuliskan : “USM site: www.itb.ac.id” untuk mencari kata kunci USM pada website www.itb.ac.id

9. Untuk mencari tipe file tertentu dengan google, kita dapat menggunakan kata kunci “filetype” misalkan untuk mencari kata kunci “firefox” dengan format file pdf,kita bisa tuliskan : “firefox filetype: pdf”

Fitur-fitur Google

A. Mencari Gambar

1. Untuk mencari gambar, klik [Images]

2. Ketikkan kata kunci yang diinginkan

3. Klik [Google Search]

 

B. Mencari forum, milis atau group

1. Untuk mencari forum, milis atau group, klik [Groups]

2. Ketikkan kata kunci yang diinginkan

3. Klik [Google Search]

 

C. Mencari berita

1. Untuk mencari berita, klik [News]

2. Ketikkan kata kunci yang diinginkan

3. Klik [Google Search]

 

D. Shopping Online dengan Froogle

1. Untuk belanja atau mencari barang online, klik [Froogle]

2. Ketikkan kata kunci yang diinginkan

3. Klik [Google Search]

 

E. Melakukan pencarian lokal

1. Untuk pencarian lokal, klik [Local]

2. Ketikkan kata kunci yang diinginkan

3. Klik [Google Search]

 

F. Produk Google Lain

Alerts, Blog Search, Book Search, Catalogs, Desktop, Directory, Earth, Finance, Froogle, Code, Labs, Blogger, Gmail, Groups, Picasa, Talk, Translate. Klik [more] untuk mengakses produk google lain tersebut.

 

INTERNET DAN EMAIL

MUDAH BERKIRIM EMAIL DENGAN SYLPHEED DAN WEBMAIL

Email merupakan terobosan baru yang benar-benar mengubah fenomena pengiriman surat di era teknologi informasi ini. Dahulu orang harus menunggu dua atau tiga hari untuk mengirimkan surat dan menunggu balasannya. Sekarang, hanya dalam tempo hitungan detik, surat kita bisa langsung terkirim dan dibaca oleh penerima serta bisa langsung di balas saat itu juga. Dengan email ini, batasan wilayah menjadi tidak berarti. Mengirimkan surat lintas benua tidak jauh beda dengan mengirimkan surat lintas desa.

Untuk dapat menggunakan email, pertama anda harus memiliki account email. Account email ini seperti alamat kita di dunia maya. Pada alamat tersebut, Anda dapat mengirimkan surat atau pun menerima surat. Setelah memiliki alamat, anda bisa memilih untuk menggunakan perangkat membaca dan menuliskan email. Perangkat tersebut bisa berupa aplikasi pada komputer kita yang disebut dengan mail client, ataupun berupa web yang bisa dibuka dengan browser internet yang disebut dengan webmail.

Vector Linux menyediakan Sylpheed Mail client untuk membaca email dari komputer anda. Sedangkan untuk mengakses webmail, anda bisa gunakan browser firefox.

A. REGISTRASI ACCOUNT EMAIL

1. Bukalah situs-situs penyedia layanan email misalkan : http://mail.yahoo.com.sg

2. klik tombol [Sign Up Now]

3. ikuti langkah-langkah registrasi dengan menuliskan data-data yang disediakan pada kolom registrasi

4. catat nama login dan password yang anda tuliskan. Nama login akan menjadi alamat anda misalkan bila anda tuliskan ‘arief’ sebagai nama login maka alamat email anda akan menjadi ‘arief@yahoo.com.sg‘ yaitu login ‘arief’ pada domain ‘yahoo.com.sg’

 

B. SYLPHEED MAIL CLIENT

Vector linux menyediakan perangkat yang sangat bermanfaat untuk membaca dan menuliskan email. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah ‘Sylpheed Mail Client’.

Menjalankan Sylpheed Mail Client

Untuk menjalankan aplikasi Sylpheed Mail Client, klik menu [Vector] [Internet] pilih [Sylpheed] akan tampil aplikasi Sylpheed ke hadapan anda.

 

Mengeset Email di Sylpheed

Sebelum anda dapat menggunakan aplikasi ini, ada beberapa konfigurasi yang harus anda set.

1. Tuliskan nama pada kolom Full name, nama ini akan diikutsertakan pada email yang anda kirimkan,

2. Tuliskan alamat mail pada kolom Mail address : misalkan ‘arief@yahoo.com.sg

3. ketik ‘pop.mail.yahoo.com.sg’ pada kolom Server for Receiving

4. ketik ‘smtp.mail.yahoo.com.sg’ pada kolom SMTP Server

5. ketik nama login pada kolom ‘User ID’, dan password pada kolom ‘Password’

6. klik tab [Send] di bagian kanan atas jendela Preferences tersebut, centangi ‘SMTP Authentication’ tuliskan nama login anda pada kolom ‘User ID’, dan password anda pada kolom ‘Password’

7. klik [OK]

 

Membuka Email

Apabila email anda sudah ada isinya, maka kita dapat mengakses ke mail server dengan cara mengklik tombol [get all]. Setelah email yang diterima masuk, anda bisa membaca email tersebut satu demi satu pada jendela preview dengan mengklik daftar surat yang diterima. Supaya surat dapat dilihat lebih jelas, klik ganda daftar surat tersebut. Maka akan tampil jendela tersendiri untuk masing-masing surat yang diklik.

 

Mengirimkan Email

Mengirimkan email dengan menggunakan sylpheed lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan webmail. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu menunggu terkoneksi dengan mail server terlebih dahulu.

1. Klik tombol [Compose] akan tampil editor email tempat anda dapat menuliskan surat,

2. ketik alamat tujuan pada kolom “To:”

3. ketik subjek surat pada kolom “Subject”

4. Tuliskan isi surat,

5. klik tombol [Send] bila anda telah selesai, maka surat akan dikirimkan.

 

B. WEBMAIL

Agak berbeda dengan aplikasi mail client. Webmail dibuka dengan menggunakan browser seperti firefox, opera, atau dillo. Surat-surat yang dibuka pun isinya tidak tersimpan pada komputer kita, melainkan ada pada mail server. Otomatis untuk mengaksesnya, kita harus terkoneksi dengan mail server tersebut. Berikut adalah sampel tatacara mengakses email menggunakan webmail.

Membuka Email

1. Buka firefox

2. ketik alamat mail server : http://mail.yahoo.com.sg

3. ketik nama login pada kolom ‘Yahoo ID’

4. ketik password pada kolom ‘password’

5. klik [Sign In], Selanjutnya anda akan masuk ke mail anda.

 

Membuka Email

1. Klik folder [Inbox], akan tampil daftar surat yang dapat anda baca

2. klik ganda daftar-daftar surat tersebut untuk membaca isinya

3. Klik [Mail] bila ingin kembali ke direktori home

Mengirimkan Email

Untuk mengirimkan email,

1. Klik [Compose] akan tampil jendela editor

2. Ketik alamat tujuan pada kolom “To: “

3. ketika subjek surat pada kolom “Subject: “

4. Tuliskan isi surat

5. Klik [Send] untuk mengirimkan surat

 

Beberapa ketentuan yang menjadi konvensi dalam etika beremail.

1. Jangan pernah mengirimkan junk email atau spam kepada rekan anda

2. Jika sedang tidak konsentrasi, jangan sembarangan mengirimkan email. selalu periksa isi surat sebelum anda kirimkan

3. Jangan pernah mengirimkan surat dengan HURUF BESAR. Menuliskan kata-kata dengan huruf besar secara konvensi dianggap seperti berteriak, atau memaki. Penerima pun dapaat merasa tersinggung karena merasa diteriaki.

4. Periksa kembali alamat email yang dituju

5. Jangan pernah menjadi bagian email berantai dengan mem-forwardkan email orang lain. Konfirmasikan dengan rekan anda, bila ada yang menanyakan alamat rekan tersebut.

6. Jangan pernah menyebar alamat email orang lain. Alamat email merupakan hal yang pribadi bagi seseorang jadi mengirimkan alamatnya tanpa seijinnya merupakah perilaku yang mengganggu privasi orang tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s