Ruby – Perkenalan

Hai.. nama saya ruby, kenalan dong.

Website dewasa ini telah berkembang dengan pesat. Website telah banyak digunakan untuk menyampaikan informasi-informasi baik mengenai profil, penawaran produk, menjaring komunitas, serta membangun knowledge. Website telah menjadi wadah data dan informasi yang dapat disajikan dalam bentuk audio, teks, gambar, animasi, bahkan gambar bergerak (motion picture).

Bersamaan dengan beragam kebutuhan orang-orang terkait dengan pemanfaatan website ini, sebagian orang tekun berkarya menciptakan tool-tool yang dapat digunakan untuk mempermudah orang yang lain dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dewasa ini. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Ruby. Ruby dikenal sebagai bahasa pemrograman yang menggabungkan sintaks-sintaks yang diinspirasi dari Perl dan Small talk (wikipedia). Berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya yang mendunia dari belahan amerika atau eropa, Ruby dilahirkan di negeri matahari terbit, Jepang, sekitar tahun 1990-an oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto.

Ruby sebagaimana bahasa pemrograman umumnya mendukung multiple programming paradigm, meliputi functional, object oriented, imperative, and reflection. Ruby memiliki kelebihan dalam hal memiliki tipe sistem dinamik serta pengaturan memori otomatis. Karenanya ruby bisa dikatakan mirip dengan Python, Perl, Lisp, Dylan dan CLU. Beberapa implementasi bahasa Ruby ini dapat kita temukan pada YARV, JRuby, Rubinius, IronRuby, dan MACRuby. JRuby dan IroRuby bahkan menyediakan fungsi just-in-time compilation.

Berawal dari sebuah tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat ini, saya akhirnya berkenalan dengan Ruby. Setelah sebelumnya lumayan lama berkiprah di JAVA serta PHP. Ternyata Ruby bisa menjadi salah satu pelabuhan hati dalam bidang programming ini.

Tulisan yang saya buat ini, merupakan log-book dari pengalaman-pengalaman yang bisa mengantarkan kita semua mempelajari sebuah bahasa pemrograman yang unik, bahasa pemrograman Ruby. Have a fun!

2 thoughts on “Ruby – Perkenalan

  1. mas terus terang saya cuma tau pemprograman cuma dalam logika, sebagai pemula saya ingin belajar ruby mulai dari awal. tapi kendala saya dalam bahasa, saya gak bisa bahasa inggris. tlg kasih tau situs lengkap bahasa ruby versi indonesiany ya…makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s