Membuat Browser Bersih dari Iklan [Ad]

Hah..hah.. lagi-lagi trik dari mas affan.. :D (thx to mas affan). Bagi yang senang dengan situs-situs berita seperti detik.com, kompas.com, tempointeraktif.com, maka sekarang saatnya kita bersihkan konten berita dari advertisement yang kadang-kadang mengganggu isi berita yang kita baca. Apalagi banner iklannya yang terlalu ‘kelap-kelip’ benar-benar mengganggu mata yang ingin fokus di isi berita.

Walaupun pa iyan komentar, bhw pendapatan pengelola situs adh dari banner iklan tersebut, tapi ada baiknya kita manfaatkan fitur yang ada di Mozilla Firefox untuk mencegah banner muncul dan membuat tampilan situs berita kita lebih rapi. Kurang lebih trik-nya mas affan saya tuliskan sebagai berikut. (sebagai catatan, trik ini hanya diperuntukkan bagi orang yang ingin tampilan browsernya lebih baik ajah..:D )

Pertama, aktifkan Add-ons [Addblock Plus] di Firefox. Kl blm dapat Add-ons tersebut bisa dicari di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/10 kmd klik [Add to Firefox] tunggu sebentar untuk proses instalasi, kemudian restart browsernya.

Kedua, buka kembali browser firefox-nya. klik [Tools] [Adblock Plus ..] nanti akan muncul Adblock Plus Preferences. Tambahkan url banner-banner iklan yang kita anggap mengganggu tersebut dengan mengklik [Add filter]. Beberapa contoh yang saya pakai untuk membuat tampilan detik.com saya rapi adalah dengan menulis:

  1. http://ad.detik.com
  2. http://adcontent.detik.com
  3. http://adimages.detik.com

hasilnya adalah tampilan detik.com yang lebih indah. Coba ajah lihat screnshot-nya sebagai berikut. Untuk selanjutnya silakan tambahkan url banner iklan yang ingin di-ban.

detik_clean

gbr 1. detik.com clean

Ok.. segitu dulu.. have fun!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s