Pemadaman Listrik @ ITB

Selama saya kuliah sarjana di ITB, tidak pernah rasanya merasakan listrik tiba-tiba mati. Tapi setelah selesai, mungkin sekitar tahun 2000 – 2001, sampai dengan sekarang, sepertinya seringkali listrik padam dengan tiba-tiba.

Seperti halnya hari ini, Jum’at 30 Mei 2008. Pemadaman listrik terjadi dengan tiba-tiba. Padahal ada ratusan orang mahasiswa Teknik Industri yang sedang ikut ujian online di depan komputer. Kemudian tiba-tiba listriknya mati. Efeknya komputer juga ikut mati, hasil ujian pun belum tentu bisa diselamatkan. Beberapa orang sih sudah antisipasi dengan men-save setiap langkah kerja yang dilakukan. Tapi ternyata belum cukup, karena ujian dilakukan secara online, koneksi ke sistem ujian yang ada di Teknik Industri. alhasil, dia belum sempat memasukkan jawabannya.

Listrik merupakan salah satu tulang punggung kehidupan di era modern. Ketersediaannya merupakan tanggung jawab pemerintah yang memperhatikan kehidupan masyarakatnya. Sudah puluhan tahun, pemerintah melalui perusahaannya PLN bertanggung jawab menjadi provider listrik di Indonesia. Tapi pola services-nya belum beranjak. Masih tidak mau bertanggung jawab ketika listrik yang disalurkannya kemudian mati dengan tiba-tiba.

Berkebalikan dengan tanggung jawab warga, apabila bayar listrik telat satu haru, tiba-tiba datang surat teguran. Telat satu minggu, tiba-tiba listrik diputus. Telat dua minggu, kemudian datang petugas PLN yang mencabut fasilitas listrik yang ada di rumah. Warga pun berkewajiban membayar utangnya kemudian membayar pemasangan baru.

Bila saja, kejadian pemadaman listrik terus berulang. Pengaruh dari rantai kerugiannya akan kembali ke pemerintah sendiri. Masyarakat diajak untuk peduli, diajak untuk terus produktif, diajak untuk lebih perhatian. Tetapi … pemerintahnya sendiri tidak perhatian. Alangkah kecewanya warga. Masyarakat yang terus berjuang untuk semakin produktif, tidak didukung dengan sarana dan infrastruktur yang memadai. Bagaimana bangsa ini akan maju.

Tapi saya yakin.. suatu saat ini akan berubah!

One thought on “Pemadaman Listrik @ ITB

  1. tuh dengerin PLN .. hehehehe .. saya juga pernah ngalamin mati lampu disaat yang .. aduh lah pokona mah .. hehe :D padahal perasaan listrik ngga pernah telat bayarnya ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s