Me @ ICT Expo 2008 – PRJ Kemayoran

ICT Expo 2008, the Indonesian international Exhibition and conference on Animation, broadcasting, communication & international technology

Bertempat di Jakarta International Expo, Arena Pekan Raya Jakarta, Pemerintah menyelenggarakan ICT Expo 2008 sekaligus menyambut 100 tahun hari kebangkitan nasional. Pameran ini mengangkat topik animasi, penyiaran, komunikasi, dan teknologi informasi. acara dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 21 s.d 24 Mei 2008. Bersama rekan-rekan ITB, saya bertugas jaga stand Wimax di sana.

Apa yang paling menarik di hari pertama saya mulai tugas jaga adalah ketemuan dengan teman-teman dari Pustekkom. Kita pun cerita ttg beberapa hal terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan.

Dan ternyata fokus yang digarap saya dan mas respati sekarang ini tidak jauh berbeda. Saya sedang menginisiasi program pengembangan sistem teleconference berbasis web dengan menggunakan Red5 Server. Mas respati dari pustekkom sdh mengembangkannya menggunakan dimdim webmeeting. Platform yang dipakai dimdim dan yang saya dan tim kembangkan sama yaitu Red5server. Fitur yang masih saya kembangkan adalah di bagian kompresi serta resolusi gambar video yang disiarkan. Inginnya filenya kecil dengan tidak mengubah kualitas gambar yang disiarkan.

Mas respati mengenalkan saya dengan pa Maman. Ia adalah salah seorang tim yang juga bergerak mengembangkan aplikasi sistem teleconference. Dari demo yang ditunjukkannya, sistem yang telah dibangunnya sudah cukup dapat mengirimkan gambar melalui broadband dengan kualitas yang cukup bagus. Perangkatnya juga sederhana, menggunakan webcam biasa, yang diemulasi. Interfacenya juga sudah mirip dengan yahoo messenger, serta sudah mendukung komunikasi telepon via VoIP.

Kl Cisco, fokusnya yang ditampilkan pada pameran ini adalah pada Unified Communication (UC) hanya saja Compnet sebagai partner Cisco blm mengeksplorasi fitur-fitur di switch yang dipakai untuk UC ini. sehingga saat ditanya-tanya, blm bisa menunjukkan dengan optimal fitur manfaat yang bisa diperoleh oleh user ttg penggunaan UC ini dalam kerangka membangun smart building yang digembar-gemborkan oleh Cisco saat ini.

Saya sendiri bertugas di stand depkominfo, bagian wimax dengan PT.Inti. Program yang dikembangkan untuk wimax ini adalah di sisi aplikasi untuk pengelolaan jaringannya atau disebut juga Network Management Layernya. Ada mas Anton, Yudhi, dan Andri yang sama-sama bertugas untuk memberikan informasi mengenai sistem yang dikembangkan.

Acara di pameran selain dari stand produk juga ada simposium.

the stand

gbr 1. Stand Wimax Indonesia Depkominfo

Mas Anton Pardede

gbr 2. Mas anton pardede in action

mas anton satu lagi dan andri

gbr 2. Mas Anton dan Andri, The team.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s