Inspiring Parenting Session @ Sabuga ITB

Hari Ahad merupakan jadwal yang sudah dirutinkan untuk hari silaturahmi dan kebersamaan bagi kami sekeluarga. Setelah hari Sabtunya menghadiri walimatul ursy seorang rekan, pada hari Ahadnya saya dan keluarga mengunjungi Sabuga ITB untuk menghadiri satu acara keluarga yang disebut dengan Inspiring Parenting. Acara yang diselenggarakan oleh satu perusahaan susu di Indonesia.

Bagi saya dan istri, menjadi orang tua adalah amanah yang besar. Butuh continuity dari sisi penambahan pengetahuan dan informasi mengenai tatacara mendidik anak. Supaya tidak salah kaprah. Karena saking banyaknya informasi mengenai parenting, akhirnya orang tua menjadi tidak fokus pada hal-hal inti dari pendidikan anak itu sendiri. Apalagi kadang-kadang informasi tentang sekolah akan lebih banyak yang memberikan informasi yang tidak perlu. Full days school untuk anak-anak usia dini bagi kami adalah hal yang tidak perlu. Karena yang dibutuhkan anak pada usia tersebut adalah orang tua yang perhatian dan mampu mengarahkan anak menjadi seseorang yang ber-IQ tinggi, ber-EQ tinggi, dan ber-SQ tinggi.

Kembali ke acara yang dilaksanakan. Ada 10 kelas yang disediakan bagi masing-masing orang tua untuk diikuti. Antara lain, kelas Inspirasi Musik, Inspirasi Pesta Anak tema Balon, Insprirasi Pesta Anak tema Karnaval, Inspriasi Senam Sehat, Inspirasi Pijat Sehat, Inspirasi Menu Sehat, Inspirasi Tumbuh Kembang Nutrisi, Inspirasi Tumbuh Kembang Psikologi, Inspirasi Aktivitas Keluarga A, dan Inspirasi Aktivitas Keluarga B. Masing-masing berdurasi 30′. Dapat dilihat ‘kan setiap kelas secara umum merepresentasikan tema-tema yang menarik untuk diikuti oleh orang tua.

Saya, istri, dan haikal memilih untuk mengikuti kelas Inspirasi Musik, Inspirasi Menu Sehat, dan Tumbuh Kembang Psikologi. Secara umum, kelas-kelas yang diikuti memang ‘inspiring’ Namun karena suasana dan lingkungannya terlampau riuh dan anak-anak yang mondar-mandir terus, bagi orang tua hal tersebut menyebabkan tidak dapat berkonsentrasi penuh untuk menangkap materi yang diberikan. Apalagi dengan waktu yang cukup.

inspiring parenting 1

gbr 1. Inspiring Music Class

Inspirng parenting 2

gbr 2 Inspiring Creativity

Inspirng parenting 3

gbr 3. Di panggung Inspiring Parenting Tumbuh Kembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s